Wacana Nama Kota Sungaipenuh Diganti, Begini Kata HMI Cabang Kerinci

Adanya wacana dari penamaan Kota Sungaipenuh menjadi Kota Kerinci, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kerinci menyambut baik niat tersebut. Dimana Kerinci merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dari Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Wacana Nama Kota Sungaipenuh Diganti, Begini Kata HMI Cabang Kerinci
Ketua HMI Cabang Kerinci Cito Fransisko. (Ega/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA SUNGAIPENUH - Adanya wacana dari penamaan Kota Sungaipenuh menjadi Kota Kerinci, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kerinci menyambut baik niat tersebut. Dimana Kerinci merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dari Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Hal ini diungkapkan Cito Pransisko, Ketua umum HMI Cabang Kerinci. "Dimana Kerinci yang juga merupakan etnis sedangkan Sungaipenuh hanya nama dari suatu daerah tertentu," ungkapnya kepada BRITO.ID, Kamis (19/3).

"Tentu ketika kita berbicara masalah etnis Kerinci berarti kita sudah membahas sungai penuh," tambahnya.

Penamaan yang disematkan kepada sesuatu seperti nama daerah selalu mengandung makna yang mendalam. Bisa jadi penamaan itu melambangkan ciri khas daerah tersebut atau sebagai doa dan harapan masyarakatnya.

"Selain melambangkan ciri khas dan doa yang disematkan, penamaan daerah bisa juga berlandaskan latar belakang historis daerah tersebut," tutupnya. 

Penulis: Ega Roy
Editor: Ari