Warga Deliserdang Keluhkan Kenaikan Harga Daging

Warga Deliserdang Keluhkan Kenaikan Harga Daging

BRITO.ID, BERITA DELISERDANG - Warga Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, mengeluhkan naiknya harga daging sapi di daeah itu yang mencapai Rp135.000 pe kilogram sehari menjelang masuknya Ramadhan.

"Iya naiknya sampai Rp20.000 per kilogram," kata Nurlela warga Percut Seituan yang ditemui saat berbelanja di Pasar Tradisonal Gambir, Deliserdang, Sabtu (5/5).

Meski harga daging naik, ia tetap membeli mengingat sudah menjadi kebiasaan dikeluarganya jika hari pertama puasa menu yang disajikan adalah rendang.

"Cemana lagi memang sudah tradisi kami dikeluarga setiap tahun hai pertama puasa menunya daging, bisa direncang atau lainnya," kata ibu dua anak tersebut.

Kepala Perum Bulog Divre I Sumut, Basirun menyebutkan Bulog sudah menjual daging kerbau beku di sejumlah lokasi dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp80.000 per kilogram.

"Bulog berharap penggelontoran daging kerbau beku bisa menambah stok daging di pasar sekalian membantu menekan lonjakan harga daging sapi," katanya.

Stok tambahan pasokan daging kerbau beku sebanyak 50 ton dari pusat untuk memperkuat stok menghadapi Ramadhan di Mei 2019.

Selain ada stok sekitar 15 ton, Bulog Sumut juga masih menunggu tambahan pasokan daging kerbau beku dari Bulog pusat.

"Bulog ada minta sekitar 50 ton lagi agar stok banyak hingga jelang Idul Fitri," katanya. (red)