Lagi, Polres Muarojambi Amankan Belasan Kubik Kayu Ilegal

Belasan kubik kayu ditemukan oleh Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Muarojambi di Desa Betung Kecamatan Kumpueh Kabupaten Muarojambi.

Lagi, Polres Muarojambi Amankan Belasan Kubik Kayu Ilegal
Kayu Ilegal yang Ditemukan Tim Patroli Polres Muarojambi (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI -  Belasan kubik kayu ditemukan oleh Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Muarojambi di Desa Betung Kecamatan Kumpueh Kabupaten Muarojambi. Belasan kubik kayu tersebut diduga merupakan hasil ilegal logging atau pembalakan liar. 

Kayu rimba campuran jenis Meranti dan Punak ini ditemukan mengapung di sepanjang kanal primer Hutan Produksi Terbatas yang berada di Desa Betung.

Kayu-kayu yang direndam di dalam air tersebut telah dipotong rapi sedemikian rupa, dan telah siap untuk diolah. 

Penemuan kayu hasil pembalakan liar ini berawal dari patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh jajaran Kepolisian Resort Muaro Jambi, yang dipimpin Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto di wilayah Kecamatan Kumpeh, Sabtu (13/02/21).

"Ya, saat melakukan patroli kita menemukan tumpukan kayu dari hasil pembalakan liar di sepanjang kanal Hutan Produksi Terbatas. Kita akan coba telusuri siapa pelakunya,"kata Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto di lokasi penemuan kayu ilegal tersebut Sabtu (13/2/21).

Kapolres menjelaskan, kayu olahan hasil pembalakan liar yang berhasil ditemukan ini jumlahnya ada sebanyak 15 kubik. Jika dikalkulasikan, kerugian negara akibat pembalakan liar ini mencapai puluhan juta rupiah.

Dengan temuan ini, Kapolres berjanji akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui para pelaku pembalakan liar tersebut. Polres Muaro Jambi juga akan melakukan pengejaran dan menindak tegas para pelaku.

"Ini lokasinya di Hutan Produksi Terbatas, eks PT. Pesona. Masih di wilayah hukum Polres Muaro Jambi,"pungkas Kapolres yang dikenal tegas dan tidak pandang bulu dalam penegakan hukum tersebut.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi