220 Rumah di Batanghari Pada 2019 Akan Dibedah

220 Rumah di Batanghari Pada 2019 Akan Dibedah

BRITO.ID, BERITA BATANGHARI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  kembali akan mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2019. Hal ini diungkapkan Kabid Perumahan Dinas Perkim Batanghari, Dedi Susandi ketika ditemui di ruang kerjanya. 

"2019, kita ada dua Kecamatan yang akan mendapat program bedah rumah, Kecamatan Bajubang dan Pemayung. Total ada 220 unit rumah dari 11 Desa/Kelurahan yang akan di bedah," ujarnya.

Untuk Kecamatan Bajubang, ada lima Desa/Kelurahan yang mendapat program ini. Rincianya,  Batin 20 unit,  Mekar Sari Nesa 20 unit, Petajen 20 unit,  Pompa Air 20 unit dan Sungkai 20 unit. 

Sedangkan Kecamatan Pemayung ada enam Desa. Keenam Desa adalah Kampung Pulau 20 unit, Kaos 20 unit, Kuap 20 unit,  Pulau Betung 20 unit,  Pulau Raman 20 unit dan Selat 20 unit. 

"Masing-masing Desa/Kelurahan mendapat jatah 20 unit rumah untuk dibedah. 100 unit di Bajubang dan 120 unit lagi di Pemayung. Dengan total dananya sekitar Rp 3.8 Milyar untuk 220 unit, rumah," ujarnya.  

Dedi sendiri menyebutkan, untuk pagu anggaran satu unit rumah dibedah sedikit lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana, satu unit rumah dianggarkan Rp 17.5 juta dari sebelumnya hanya Rp 15 juta. 

"Kalau untuk bantuannya masih sama dengan tahun yang sebelumnya berupa rehap atap lantai dan dinding (Aladin). Cuma dana rehab satu unit rumah saja yang lebih besar dari yang sudah-sudah," terangnya. 

Dijelaskannya, adapun kategori masyarakat yang mendapat bantuan program bedah rumah tersebut, masyarakat yang berpenghasilan rendah dan rumahnya tidak layak huni. 

"Misalnya, atap rumahnya terbuat dari papan, nanti dalam program ini akan diganti beton.  Begitu juga,  dengan lantai dan dinding akan direhab. Yang jelas rumahnya tidak layak huni,"ujarnya, Selasa (4/12).

Seperti diketahui, Pemkab Batanghari melalui Dinas Perkim dalam dua tahun terakhir ini rutin mendapat bantuan program BSPS Kementrian PUPR Direktorat Jendral Perumahan.  Pada Tahun 2017 lalu, Pemkab Batanghari telah mendapat 251 unit rumah untuk dibedah. Sedangkan tahun 2018 ini, ada 488 unit rumah untuk dibedah,  yang diterima dalam dua tahap. (RED)

Kontributor : Syahreddy