3 Animator dengan Passion Bercerita Berujung Kesuksesan dan Digemari Netizen Indonesia

Mungkin untuk beberapa YOTers, ‘Indonesia’ bukan yang pertama muncul di benak kalo bicara tentang kartun atau animasi. Lebih sering kita kenal kartun-kartun buatan studio animasi asal negara lain. Namun, beberapa tahun terakhir, nama-nama seperti Rini Sugianto yang pernah terlibat dalam animasi film-film Hollywood seperti “The Avengers” dan juga Andre Surya yang terlibat dalam animasi film “Transformers” membuat publik lebih mengapresiasi karya anak bangsa dalam bidang animasi.

3 Animator dengan Passion Bercerita Berujung Kesuksesan dan Digemari Netizen Indonesia
Nur Alif Ramadhan (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI -Mungkin untuk beberapa YOTers, ‘Indonesia’ bukan yang pertama muncul di benak kalo bicara tentang kartun atau animasi. Lebih sering kita kenal kartun-kartun buatan studio animasi asal negara lain. 

Namun beberapa tahun terakhir, nama-nama seperti Rini Sugianto yang pernah terlibat dalam animasi film-film Hollywood seperti “The Avengers” dan juga Andre Surya yang terlibat dalam animasi film “Transformers” membuat publik lebih mengapresiasi karya anak bangsa dalam bidang animasi.

Walaupun kadang muncul nama yang mengharumkan Indonesia di kancah International, terkadang pekerjaan menjadi Animator masih dipandang sebelah mata. Maka itu, kita mau tunjukkan bahwa ternyata di era digital ini, semakin banyak animator Indonesia menggait kesuksesan dan pengakuan atas karya mereka. Terlepas segala stigma, animator-animator ini tetap setia terhadap passionnya, dan berhasil mengeluarkan karya-karya yang menghibur banyak orang serta menghidupi diri mereka.

Berikut adalah 3 Animator yang sukses berkarya lewat media sosial.

  • Naufal Faridurrazak a.k.a. Animasinopal

Awalnya Naufal hanya sebatas berhobi menggambar dan membuat komik. Namun dalam waktu yang relatif singkat, seri karyanya yang berjudul Animasinopal telah menjadi salah satu seri favorit Netizen Indonesia. Dengan style animasi yang minimalis dan charming, Animasinopal sering mengangkat humor dari cerita-cerita pengalaman sehari-hari kita.

Naufal memulai seri Animasinopal saat dia berkuliah, dan keahlian dia menggambar dan membuat animasi dilakukan dengan otodidak. Melihat konten yang dibuatnya sekarang, gak nyangka ternyata dia belajar animasi dari melihat tutorial-tutorial di YouTube. Naufal pun juga seringkali berterima kasih kepada adik dan kedua orangtuanya yang selalu mendukung passion miliknya. Berkat kegigihan untuk belajar serta dukungan dari keluarga, kesuksesan Naufal sebagai Animator kini bisa dilihat dari 5.8 Juta subscriber di kanal YouTube Animasinopal.

  • Julian Syahputra a.k.a. Sengklekman

Berawal dari strip komik, Julian telah menjalani seri Sengklekman hingga kini secara rutin mengeluarkan episode-episode animasi lewat YouTube Channel dan IGTV. Sengklekman adalah animasi yang berhumor absurd yang menceritakan tentang bagaimana rasanya memiliki teman-teman yang amat ‘sengklek’. Gaya animasi yang sengaja dibuat tak halus dengan ekspresi-ekspresi yang hiperbola membuat ke-sengklek-an dari episode-episodenya semakin menjadi-jadi.

Perjalanan karir Julian membuktikan bahwa karir sebagai animator ternyata merupakan pilihan hidup yang sah. Ternyata dari penghasilan dia menjalani seri Sengklekman, ia sudah bisa menabung cukup untuk lamaran hanya dalam waktu 3 tahun. Naufal bercerita bahwa ia dapat mencapai kesuksesan dia dengan mengekspansi brand Sengklekman, seperti membuat merchandise hingga membuat konten live-action.

  • Nur Alif Ramadhan a.k.a. Dalang Pelo

Diawali pada tahun 2016 saat Nur Alif kelas 1 SMK, Dalang Pelo merupakan seri Animasi yang bercerita tentang petualangan-petualangan lucu empat teman dalam kehidupan sehari-hari. Nur Alif – atau akrabnya dipanggil Acil – secara rutin mengupload episode Dalang Pelo di kanal YouTube dan IGTV. Dalam 4 tahun, Dalang Pelo telah berhasil menggait 2.93 juta subscribers di YouTube. Yang membuat angka ini makin keren adalah bahwa ia menjalani seri Dalang Pelo dengan sangat mandiri.

Acil adalah salah satu contoh animator yang paling palu gada (apa lu mau, gue ada!). Sebagai creator dari Dalang Pelo, Acil sampai sekarang mengerjakan setiap episode dengan sendirian. Ia sendiri yang menggambar, meng-animasi, menyunting, dan bahkan melakukan voice acting setiap karakter. Menariknya, Acil menjelaskan bahwa ia sebenarnya terbuka untuk bekerja-sama dengan tim untuk kedepannya. Hanya saja, ia belum bertemu dengan mitra yang cocok dengannya. Tampaknya Acil memahami pentingnya bermitra dalam pekerjaan, maka dia gak mau sembarang memilih mitra.

YOTers tertarik nih sama industri kreatif terutama dalam dunia animasi? Yuk ngobrol langsung sama Nur Alif seputar karya-karyanya dan perjalanannya sebagai animator di Inspira Webinar #MakinPintardiRumah with 11th SATU Indonesia Awards 2020: ‘Bercerita dan Berbagi Melalui Karya, Presented by: ASTRA’ bareng Nur Alif Ramadhan, Creator @Dalang_Pelo, hari Sabtu, 1 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

Yuk daftar sekarang juga di youngontop.com/store/webinar. Acaranya GRATIS dan kamu juga bisa dapetin e-certificate lho! Inspira Webinar ini akan dipandu oleh Fariz Arafah, Creative Designer Young On Top. Yuk registrasi sekarang juga. Jangan lupa ajak teman, pacar, sahabat, gebetan, saudara, tetangga, semua yang kamu kenal deh, biar kita semua #MakinPintardiRumah!. (red)