Maraknya Minol Tak Berizin, Doni: Kita Beri Sanksi Tegas ke Pemilik Hiburan

Maraknya Minol Tak Berizin, Doni: Kita Beri Sanksi Tegas ke Pemilik Hiburan

BRITO.ID, BERITA JAMBI – Di Kota Jambi saat ini tercatat ada 5 distributor minuman beralkohol (Minol) yang beroperasi. Data tersebut berdasarkan data pelaporan yang masuk ke Dinas perindustrian dan perdagangan Kota Jambi.

 

Hal ini disampaikan Doni, Sekretaris Disperindag Kota Jambi, Jumat (5/4/2019). Pihaknya sudah meminta laporan penjualan minol di setiap tempat hiburan.

 

Ini dilakukan untuk memudahkan pengawasan peredaran minuman beralkohol di Kota Jambi. “Kita masih menemukan penjualan minuman keras yang tidak sesuai dengan distributor,” bebernya.

 

Menurutnya lima distributor yang memasok minol di Kota Jambi sebagian dari Medan, Palembang dan juga ada di kota Jambi sendiri. Jika nantinya adanya perbedaan data dari pelaporan tempat hiburan dengan investigasi di lapangan, maka Pemkot Jambi berhak untuk melakukan penyitaan terhadap minuman itu. Tak hanya itu pihaknya juga memberikan sanksi kepada pemilik tempat hiburan.

 

“Jika masih banyak dijual merek-merek di luar dari distributor maka pemerintah dapat melakukan tindakan dengan menyita minuman tersebut termasuk juga akan menelusuri tempat-tempat yang dicurigai tidak memiliki izin untuk menjual minuman beralkohol,”  jelas Doni.

 

Pihaknya juga sedang melaksanakan konsultasi dengan kementerian perdagangan terkait izin.  “Di Kota Jambi menurut berdasarkan hasil konsultasi Pemda diberi kewenangan untuk memberikan tindakan dan sanksi jika memang izin yang dikeluarkan oleh Kementerian tidak sesuai dengan kondisi di daerah"  tambahnya. (red)

 

Reporter : Dewi Yana Safitri