Anjungan Dukcapil Mandiri Cukup Mahal, Kadis: Anggaran 2020 Sudah Diketok Mungkin di APBDP

Anjungan Dukcapil Mandiri Cukup Mahal, Kadis: Anggaran 2020 Sudah Diketok Mungkin di APBDP
Mulyadi Yatub. (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kementerian Dalam Negeri telah meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). ADM merupakan terobosan baru yang bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lainnya dalam hitungan menit.

Terkait hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi masih mendalami mesin ADM ini mengingat besarnya serapan anggaran untuk pengadaan alat tersebut.

"Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri ini kan baru saja dilaunching oleh Dirjen Dukcapil. Ini memang menjadi suatu inovasi layanan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi, Mulyadi Yatub.

Mulyadi Yatub menjelaskan terkait pengadaan mesin anjungan ini masih didalami mengingat besarnya harga satu mesin anjungan mandiri tersebut. 

"Harga satu mesinnya cukup besar menyerap alokasi anggaran. Apalagi untuk Kota Jambi sendiri sudah ketok palu anggaran untuk tahun 2020," ujarnya.

Mulyadi menjelaskan progres kesiapan anggaran Pemkot akan dilihat terkait apakah ini nantinya bisa diakomodir dalam APBD-P. "Dari informasi yang kita terima, satu alatnya itu berkisar Rp180 juta belum termasuk ongkos kirim," ujarnya.

Bila bisa direalisasikan Pemkot, dimana mesin anjungan ini akan ditempatkan? Mulyadi mengatakan kemungkinan bila benar nantinya terwujud akan diletakkan di Mall Pelayanan.

"Pemkot ada rencana di tahun 2020 membangun pusat pelayanan berbentuk Mall Pelayanan. Nah mungkin kalau ini nanti bisa disinergikan dan terbangun, skala prioritas kita akan kita tempatkan di sana," ucapnya.

Penulis: Dewi Anita
Editor: Ari