Bahaya! 10 Tenaga Kesehatan di Agam Dinyatakan positif COVID-19

Bahaya! 10 Tenaga Kesehatan di Agam Dinyatakan positif COVID-19
Istimewa

BRITO.ID, BERITA PADANG - Sebanyak 10 tenaga kesehatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) setelah mereka melakukan kontak dengan pasien yang positif corona sebelumnya di sejumlah puskesmas di daerah itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Agam Khasman Zaini di Lubukbasung, Minggu (10/5) mengatakan 10 tenaga kesehatan itu berasal dari Puskesmas Baso tujuh orang, Puskesmas Lasi satu orang dan Puskesmas Lubukbasung dua orang.

"Mereka ini diisolasi di rumah, Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan mereka yang positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil swab di Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

Mereka, katanya, positif setelah kontak dengan salah seorang pasien dalam pengawasan yang dinyatakan positif COVID-19 di Kecamatan Baso.

"Ini berdasarkan pelacakan kontak dengan PDP yang positif itu," katanya.

Untuk mengantisipasi penyebaran di Puskesmas Baso, katanya, puskesmas itu untuk sementara waktu ditutup dan hanya membuka pelayanan IGD.

Selain itu, pihaknya juga mengambil sampel swab seluruh tenaga kesehatan di puskesmas tersebut, menyemprotkan cairan disinfektan dan lainnya.

"Kami masih menunggu hasil sampel yang masih tertinggal," katanya.

Ia mengakui, kasus positif COVID-19 di Agam seluruhnya mencapai 14 orang yang berasal dari petugas kesehatan 10 orang dan empat orang warga.

Untuk pasien dalam pengawasan enam orang, orang tanpa gejala 390 orang dan orang dalam pemantauan 40 orang.

Sumber Antara
Editor: Ari