BREAKING NEWS! KPU Sarolangun Putuskan 6 Caleg Petahana Kembali Masuk DCT

BREAKING NEWS! KPU Sarolangun Putuskan 6 Caleg Petahana Kembali Masuk DCT

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun resmi menindak lanjuti keputusan Pengadilan Negeri Tata Usaha (PTUN) Jambi, terkait gugatan enam caleg petahana yang menuntut untuk dikembalikan lagi ke Daftar Calon Tetap (DCT).

Keputusan sebelumnya bahwa PTUN menerima gugatan keenam caleg tersebut dan mengabulkan agar KPU menerbitkan SK lagi untuk masuk ke DCT. Keenam caleg itu adalah M Syaihu Cs, Jannatul Firdaus, Azakil Azmi, Hapis, Cikmarleni dan Aang Purnama.

Sebelumnya KPU telah memberi keterangan bahwa keputusan PTUN sudah ditindaklanjuti. KPU juga sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Dan KPU RI selama tiga hari kerja, yaitu tertanggal 12 April, dan terakhir Selasa (16/4).

Setelah koordinasi dengan KPU Kabupaten ke KPU Provinsi maupun RI, KPU menggelar pleno hari ini, Selasa (16/4). 

Berdasarkan hasil pleno, Ketua KPU Sarolangun, M Fakhri mengatakan terkait hasil pleno memutuskan bahwa keenam Caleg itu kembali masuk DCT. "KPU wajib menindak lanjuti putusan PTUN," katanya.

"Memutuskan kembali keenam caleg berdasarkan UU.No 7 tahun 2017 pasal 471 ayat 8. SK-nya hari ini kita antar ke enam caleg yang sudah dimasukkan kembali dari DCT," tambahnya.

Terkait koordinasi KPU Provinsi dan RI, Fakhri mengaku tidak bisa mengintervensi. Koordinasi, kata dia sifatnya hanya sebatas konsultasi. "Jangan sampai kita salah ambil keputusan," katanya lagi.

Ketika dikonfirmasi, salah seorang dari 6 Caleg yang dicoret dari KPU Cik Marleni mengucapkan sukur. "Alhamdulillah, kita sukuri hasil keputusan dari KPU memasukkan kembali dari DCT," ungkap Cik Marleni. (red)

Reporter: Arfandi S