Dewan Hearing Bahas Pendirian Empat Polsek di Muarojambi

Dewan Hearing Bahas Pendirian Empat Polsek di Muarojambi
DPRD Muaro Jambi bersama Polda Jambi dan Polres Muarojambi bahas pendirian Polsek. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Empat Kepolisian Sektor (Polsek) akan didirikan di Muarojambi. Ke empat Polsek tersebut masing-masing Polsek Sungaigelam, Polsek Bahar Utara, Polsek Bahar Selatan dan Polsek Taman Rajo.


Untuk membahas rencana pendirian empat Polsek ini, DPRD Muarojambi melakukan Hearing (Rapat Dengar Pendapat) bersama Polda Jambi, Polres Muarojambi, Pertamina dan Kepala Desa di empat kecamatan ini pada Senin (8/7/19).


"Ada empat polsek yang kita bahas, dua sudah positif akan dibangun tahun depan," kata Wakil Ketua DPRD Muarojambi, Amiruddin usai hearing.


Amir menyebut Polsek yang disepakati untuk dibangun tahun depan adalah Polsek Sungaigelam dan Polsek Bahar Utara. Dua polsek ini kata Amir telah memiliki persyaratan untuk didefinitifkan. 


"Lokasi tanah dua Polsek ini sudah tersedia. Sementara yang dua lagi belum memiliki lahan," ujar Amir. 


Amir memastikan pembangunan Polsek Sungaigelam dan Polsek Bahar Utara akan dimasukan dalam rencana kerja (renja) pada APBD-P 2019. Dengan demikian,  maka tahun depan pembangunan kedua Polsek itu dapat direalisasikan. 


"Harapan kita sebenarnya ke empat Polsek ini bisa didirikan bersamaan, tapi karena terkendala lahan, dua Polsek yang lain akan menyusul kemudian, " ujarnya. 


Amir menyebut bahwa pembangunan Polsek Sungaigelam tidak lepas dari dukungan dari masyarakat dan pertamina. Masyarakat di sana telah menghibahkan lahan seluas 33 tumbuk untuk lokasi Polsek. 


"Pihak Pertamina juga demikian, mereka menghibahkan satu hektar lebih lahannya," ujar Amir. 


Dikatakan Amir, pembangunan sebuah Polsek telah diatur melalui peraturan Kapolri. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pembangunan Polsek diamanatkan dibangun di atas tanah dua hektar.


"Hasil pengecekan di lapangan, lokasi yang di Sungaigelam dan Bahar Utara dinyatakan layak. Dan semua telah sepakat agar ke dua Polsek itu didefenitifkan," katanya. 


Fathuri, anggota DPRD Muaro Jambi dari Dapil Sungai Gelam mengatakan bahwa Sungai Gelam sudah layak memiliki Polsek sendiri. Masalahnya, wilayah Kecamatan ini sangat luas dan tingkat kriminalitas di wilayah ini cukup tinggi. 


" Warga kita dari dulu memang mendampakan pembangunan Polsek itu. Kita sangat berharap dengan berdirinya Polsek di Sungai Gelam, angka kejahatan bisa diminimalisir," ujarnya. (Rom/Adv)