Dipastikan..!! Bawaslu Bakal Patroli Cegah Serangan Fajar saat Pilkada Serentak 2018

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan melakukan patroli pengawasan pencegahan serangan fajar saat pilkada serentak, hingga ke tingkat desa dan kecamatan.

Dipastikan..!! Bawaslu Bakal Patroli Cegah Serangan Fajar saat Pilkada Serentak 2018

BRITO.ID - JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan melakukan patroli pengawasan pencegahan serangan fajar saat pilkada serentak, hingga ke tingkat desa dan kecamatan.

"Nanti dimasa tenang kita akan melakukan patroli pengawasan pencegahan serentak diseluruh daerah penyelenggara pilkada," kata Komisioner Bawaslu, Muhammad Afifudin kepada wartawan, Jumat (22/6/2018)

BACA JUGA

Menurut Afif, patroli yang dilakukan Bawaslu diharapkan memberikan dampak psikologis bagi para pelaku pelanggaran.

"Harapan kami patroli ini akan mendapatkan atau memberikan dampak psikologis para pihak yang ingin melakukan pelanggaran, jadi takut," ucapnya.

Afif menjelaskan, dalam patroli ini pihaknya akan senantiasa mengingatkan masyarakat agar tidak menerima suatu imbalan atau janji dari salah satu calon.

"Jadi kita akan muter dengan pengawasan dan relawan kita di daerah pilkada untuk mengingatkan misalnya politik uang memberi dan menjajikan di hari pemilihan itu tidak boleh," ungkapnya.

Afif menambahkan, aksi serangan fajar akan masif pada saat hari H pemungutan suara, namun jika ditemukan ada pelanggaran pihaknya akan melakukan penindakan secara tegas.

"Jadi kan masifnya politik uang diantaranya biasanya di serangan Fajar di hari H pagi atau di masa tenang itu terantisipasi kita menyampaikan pencenggah. nah kemudian pencegahan sudah disampaikan jadi tentu penindakan dilakukan jajaran kami yang di hari H sampai TPS akan dilakukan dengan tegas," tutupnya.

(SD)