DLH Provinsi Jambi Ambil Sampel Air Sungai Batanghari Tahap III di 16 Titik

DLH Provinsi Jambi Ambil Sampel Air Sungai Batanghari Tahap III di 16 Titik
DLH Provinsi Jambi Ambil Sampel Air Sungai Batanghari Tahap III di 16 Titik

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Guna memastikan kualitas air Sungai Batanghari yang melintasi Provinsi Sumatra Barat dan Provinsi Jambi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi telah melakukan kegiatan pengambilan sampel air lintas provinsi yang telah memasuki tahap ke III.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Evi Frimawaty mengatakan, jika kegiatan pengambilan sampel dilakukan 3x dalam 1 tahun. Kegiatan yang dilakukan saat ini telah memasuki tahap ketiga.

Dalam pengambilan sampel air, DLH telah melakukan pengambikan dan uji sampel air di 4 kabupaten dalam provinsi Jambi. Diantaranya Kabupaten Tebo tepatnya di Desa Pucuk Jambi, Teluk Kayu Putih, Tambun Arang, Teluk Kepayang, Teluk Singkawang. Kemudian Kabupaten Batanghari tepatnya di Desa Bulu Kasap, Pematang Gadung, Rantau Kapas Mudo, Kubu Kandang.

Dilanjutkan ke kabupaten Muaro Jambi tepatnya di Desa Gerunggung, Rengas Bandung, Kunangan, Rukam, Tanjung dan terakhir di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang berlokasi di Desa Kuala Dendang dan Lagan Hulu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data kualitas air Sungai Batanghari. Setelah pengambilan sampel, maka akan dibawa ke laboraturium untuk kita teliti. Dengan demikian akan diketahui data indek kualitas air sungai Batanghari. Setelah itu pada akhir Desember 2018 kita akan umumkan hasilnya," kata Evi Frimawaty.

Evi menambahkan bahwa kegiatan pengambilan sampel air sungai Batanghri tahap II yang lalu telah dilakukan pada tanggal 20-25 Agustus 2018 dan tahap III pada 21-24 November 2018.

"Adapun aggaran pelaksanaan kegiatan pengambilan sampel air sungai lintas provinsi tahun 2018 dibebankan pada dana dekonsentrasi Dinas Lingkungan Hidup provinsi Jambi Tahun 2018," pungkas Evi Frimawaty. (sai)