Duh! Pasien Covid-19 di Bungo-Jambi Dikabarkan Kabur dari RSUD

Warga Kabupaten Bungo, Jambi, dibuat heboh oleh kaburnya pasien positif Covid-19 berinisial WHE (30) dari Rumah Sakit Umum Daerah Haji Hanafie Muarabungo.

Duh! Pasien Covid-19 di Bungo-Jambi Dikabarkan Kabur dari RSUD
Ilustrasi. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Warga Kabupaten Bungo, Jambi, dibuat heboh oleh kaburnya pasien positif Covid-19 berinisial WHE (30) dari Rumah Sakit Umum Daerah Haji Hanafie Muarabungo.

Kabar yang beredar dia ingin pulang dan membawa anaknya yang baru lahir dan juga positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo Safarudin Matondang membenarkan kejadian ini. WHE lari membawa ibunya yang juga diisolasi.

Alasannya sudah izin gugus tugas dan tidak ada gejala. WHE juga ingin merawat anaknya yang baru lahir dan positif Covid-19. Sebab istrinya meninggal saat baru melahirkan anaknya.

“Ya mana bisa minta izin sama gugus saya bilang. Yang bisa memberikan izin itu dokter yang merawat,” katanya via telepon, pada Minggu (4/10/2020).

Dia mengatakan seharusnya WHE dan ibunya diperiksa swab-nya terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif maka bisa segera pulang.

Safarudin mengatakan, sedang menunggu kabar dari tim gugus tugas dan kecamatan terkait penjemputan.

“Sedang kami cari. Awalnya kami cari di Kecamatan Jujuhan tempat orangtuanya tapi tidak ditemukan,” katanya.

Safarudin mengatakan terpaparnya satu keluarga WHE ini bermula pada pertengahan September 2020 saat istrinya hamil dan mengeluh terus saat mau melahirkan tapi tidak berobat.

“Datang dokternya curiga maka kita suruh ke rumah sakit dan kita swab. Waktu itu belum tahu Covid,” katanya.

Namun, istri WHE ini meninggal sebelum hasil pemeriksaan swab-nya keluar. Istrinya langsung dibawa ke dusun dan langsung dikuburkan.

“Besoknya baru keluar hasilnya ternyata positif Covid-19,” katanya.

“Di situ kita tahu positif anaknya, adiknya dan mamaknya (dari istri WHE). Kita tracing juga pemandi jenazah tapi belum keluar hasilnya,” katanya.

Sebelumnya diketahui dari Gugus Tugas Provinsi Jambi Pasien 432 berinisial WHE (30) asal Bungo punya riwayat kontak perjalanan Jakarta.

WHE diketahui terjangkit virus corona setelah istrinya meninggal dan keluar hasil tes swab.

Selanjutnya punya riwayat kontak dengan pasien 507 dengan inisial LAF (bayi) berjenis kelamin perempuan riwayat kontak erat dengan pasien 432.

Pasien ini bayi baru lahir yang merupakan anak dari WHE.

Selanjutnya WHE berkontak erat dengan pasien 550 RAH (7). Selain itu Pasien 552 TMU (25) dan Pasien 556 NHT (49) juga punya riwayat kontak erat pasien 432.

Sumber: Kompas.com
Editor: Ari