Halo Pak Jokowi, Pengusaha Usulkan Lockdown, Bagaimana Nih?

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengaku telah mengusulkan lockdown kepada pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona

Halo Pak Jokowi, Pengusaha Usulkan Lockdown, Bagaimana Nih?
Istimewa

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengaku telah mengusulkan lockdown kepada pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. 

Usulan itu, kata Rosan, ia sendiri yang telah menyampaikan langsung pada Presiden Jokowi. 

"Tiga hari yang lalu, langsung ke Presiden kita sampaikan," ujar Roslan dalam diskusi terkait Omnibus Law yang digelar oleh Hotman Paris di Kopi Johny, Jakarta, Sabtu (14/3). 

Kebijakan untuk membatasi akses wilayah yang diduga terinfeksi virus corona itu telah diterapkan oleh banyak negara. Kebijakan itu dilakukan dengan menutup akses keluar masuk, hingga memberhentikan aktivitas yang menimbulkan keramaian.

Rosan mengatakan pihaknya masih mengkaji terlebih dahulu seberapa besar pengaruh dari lockdown itu terhadap dunia usaha. Kendati begitu ia menegaskan, keselamatan masyarakat lebih penting untuk diutamakan. 

"Kita masih tahap diskusi, kita diskusi dampak seperti apa. Jadi yang kita sampaikan juga keselamatan rakyat Indonesia yang harus diutamakan," tuturnya. 


Sebagai usulan untuk tahapan awal, ia menyarankan agar pemerintah menutup sementara aktivitas sekolah hingga universitas. 

"Kalau memang perlu dilakukan, seperti sekolah, universitas untuk diliburkan terlebih dahulu dalam rangka mencegah penyebaran, ya menurut saya kita lakukan," pungkas Rosan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan belum mempertimbangkan untuk melakukan lockdown. 

"Belum terpikir ke arah sana," ucap Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Soekarno-Hatta, Jakarta, Jumat (13/3).

Sumber: kumparan
Editor: Ari