KPU Bungo Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bungo (KPU) menggelar kegiatan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Perolehan Suara Penggunaan Aplikasi Sirekap pada Pemilu 2024 oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kegiatan ini berlangsung di BTN Lintas Asri Muara Bungo, dihadiri Ketua KPU Armidis dan Anggota KPU Jamiin Nopri. 

KPU Bungo Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Perolehan Suara KPU Bungo. (Brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bungo (KPU) menggelar kegiatan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Perolehan Suara Penggunaan Aplikasi Sirekap pada Pemilu 2024 oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kegiatan ini berlangsung di BTN Lintas Asri Muara Bungo, dihadiri Ketua KPU Armidis dan Anggota KPU Jamiin Nopri. 

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Bungo Armidis mengatakan bahwa dengan menyelenggarakan simulasi ini diharapkan agar masyarakat dan KPPS lebih memahami bagaimana proses dan mekanisme pelaksanan pemungutan dan penghitungan suara.

"Selain itu kita juga menerapkan aplikasi Sirekap sehingga hasil pemilu bisa lebih cepat update. Pelaksanaan ini merupakan arahan dari KPU pusat, yang diperuntukkan KPPS, PPS dan PPK," ungkapnya. 

Simulasi ini pula kata Armidis sebagai contoh bagiamana pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara sesuai dengan prosedur yang ditetapkan KPU. Sehingga bisa berjalan lancar aman dan tertib. 

"Kita harapkan nanti pada pemilihan umum 14 Februari mendatang berjalan lancar dan aman. Dimulai pukul 07.00 WIB sampai selesai," ujarnya diiyakan Jamiin Nopri.

Dalam acara simulasi ini KPU memberikan pengarahan dan penjelasan kepada calon pemilih bagaimana cara pencoblosan hingga memasukkan surat suara. Tentunya sesuai dengan warna surat suara yakni abu abu untuk Pilpres, kuning DPR RI, DPD RI merah dan DPRD Provinsi berwarna biru dan terakhir DPRD Kabupaten berwarna hijau. 

Kegiatan ini tutur dihadiri oleh pengurus partai politik, serta tokoh masyarakat dan TNI serta Polri. (redaksi)