Kunjungi Jambi, Menteri Nadiem Dukung Belajar Tatap Muka Segera Dilakukan

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI), Nadiem Makarim mengunjungi Jambi dan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Markas Korem 042 Garuda Putih, Selasa 21 September 2021.

Kunjungi Jambi, Menteri Nadiem Dukung Belajar Tatap Muka Segera Dilakukan
Mendikbudristek Nadiem Makarim Saat Berada di Jambi (Ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI), Nadiem Makarim mengunjungi Jambi dan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Markas Korem 042 Garuda Putih, Selasa 21 September 2021.

Vaksinasi tersebut ditujukan kepada murid dan guru dalam rangka mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) atau melalui interaksi langsung di sekolah. 

Dalam kunjungannya, Nadiem mengapresiasi warga Kota Jambi atas kepedulian terhadap kesehatannya, karena pencapaian vaksinasi di Kota Jambi terbilang tinggi. 

"Saya salut sudah 87 persen warga Kota Jambi sudah divaksinasi. Ini suatu pencapaian yang luar biasa," ucap Nadiem. 

Ia pun mendukung pelaksanaan Pertemuan Tatap Muka (PTM) di Jambi. Apalagi level PPKM kabupaten dan kota yang ada di Jambi sudah berada dalam level 2 dan 3.

"Walaupun dengan protokol kesehatan, kita harus mengakselerasi pembelajaran tatap muka," ujarnya. 

Menurut Nadiem, PTM tersebut sangat dibutuhkan untuk para murid di sekolah. Jangan sampai ada generasi yang kesehatan mental dan emosionalnya bermasalah. 

Nadiem menjelaskan, pembelajaran dengan interaksi di sekolah juga sangat dibutuhkan bagi anak di bawah usia 12 tahun. 

"Walaupun anak di bawah umur 12 tahun belum divaksinasi, mereka sebenarnya paling membutuhkan PTM terbatas. Jadi, vaksinasi yang mengejar PTM, jangan PTM yang mengejar vaksinasi. Itu arahan dari kami sekaligus permintaan besar," terangnya. 

Selain itu, Nadiem berharap vaksinasi untuk para murid dan guru sukses dilaksanakan di Jambi. 

"Bagi sekolah yang guru-gurunya sudah divaksinasi, itu artinya wajib melaksanakan tatap muka terbatas," ujarnya. 

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan anak yang sudah tervaksinasi Covid-19 di Jambi mencapai 65 persen. Karena itu pula, PTM bakal dilaksanakan. 

"Ditambah lagi menteri datang hari ini. Kami bertekad memulai membuka pembelajaran tatap muka. Tetap dengan protokol kesehatan, kita dorong juga agar mereka divaksinasi semua," ujar Al Haris. 

"Masih ada anak-anak yang belum divaksinasi, kita semua akan coba untuk mengajak mereka divaksinasi. Kita buka sekolahanya," sambungnya. 

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi