Lihat Inovasi Siswa SMK Ini, Perkedel Ikan Gabus Tebu Sabet Juara I Jambore PKK

Lihat Inovasi Siswa SMK Ini, Perkedel Ikan Gabus Tebu Sabet Juara I Jambore PKK
Siswa SMK dan masakan yang menang. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Riyaldi (17), siswa SMKN 1 Muarojambi ini boleh berbangga. Olahan makanan berbahan baku ikan yang dia beri nama Perkedel Ikan Gabus Tebu berhasil menyabet juara pertama dalam Jambore PKK Tingkat Provinsi Jambi. 

Riyaldi mewakili Kabupaten Muarojambi ikut dalam lomba inovasi masakan berbahan baku ikan tingkat provinsi Jambi yang diikuti 10 Kabupaten/Kota di Jambi minus Kota Sungaipenuh.

"Alhamdulillah kita meraih juara pertama pada lomba inovasi masakan berbahan baku ikan," kata Kepala Dinas Perikanan Muarojambi Paruhuman Lubis Jum'at (6/9/19).

Selain rasa yang nikmat, makanan yang disajikan Riyaldi juga cukup menarik. Dia menggunakan tebu sebagai gagang atau pegangan untuk perkedel tersebut. 

"Tebu ini menjadi ciri khas karena selain sebagai pegangan untuk mengunyah juga menimbulkan rasa manis pada perkedel," urainya.

Lubis bilang ada dua kategori yang diperlombakan untuk lomba inovasi berbahan baku ikan. Kategori menu pembuka dan kategori menu utama. Untuk kategori menu pembuka, Muarojambi menyajikan puding ikan mangga dan pada menu utama perkedel ikan gabus tebu. 

"Kita menang di kategori menu utama. Sementara kategori menu pembuka kita sajikan menu puding dari ikan yang dibubuhi puding mangga. Namun belum berhasil raih juara," jelasnya.

Pada Jambore PKK kali ini, ada 12 kategori yang diperlombakan. Muarojambi menang di dua kategori, yakni kategori lomba inovasi masakan berbahan baku ikan dan lomba masakan serba ikan.

"Untuk lomba masakan serba ikan kita meraih juara II. Kita tampilkan menu masakan keluarga yakni Tenggiri Gulung Selimut dan Pisang Kuah Kelapa. Alhamdillah para juri terkesan," paparnya.

Selanjutnya, hasil olahan tangan Riyaldi ini akan kembali diperlombakan pada ajang Jambore PKK tingkat Nasional. (RED)

Kontributor : Romi R