Lima Titik Api Muncul Hari Ini, Kebakaran Lahan di Muaro Jambi Semakin Meluas

Lima Titik Api Muncul Hari Ini, Kebakaran Lahan di Muaro Jambi Semakin Meluas
Tim memadamkan api di lahan gambut Muaro Jambi. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Hari ini terpantau lima titik api di Kabupaten Muaro Jambi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi pun mendapat laporan ini Senin (29/7/19) serta langsung terjun ke lokasi. Ini menambah panjang deretan peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Muarojambi. 

"Benar, Pagi ini ada lima titik api yang dilaporkan ke kita," kata Kepala Pelaksana BPBD Muaro Jambi, Muhammad Zakir, Senin (29/7/19).

Zakir mengatakan setelah melakukan pengecekan, lima titik api itu ternyata berada di Desa Sipin Teluk Duren, Kecamatan Kumpeh Ulu. 

"Titik api itu berada di lokasi kebakaran yang terjadi kemarin. Memang apinya belum berhasil dipadamkan. Hari ini kebakarannya makin luas," kata Zakir

Zakir menyebut, Tim BPBD Muaro Jambi sudah menambah kekuatan untuk melakukan pemadaman di lokasi. Kalau sebelumnya personel yang diturunkan hanya tujuh orang, hari ini BPBD menambah personel sebanyak delapan orang. 

"Jadi jumlah totalnya 15 personel yang kita turunkan untuk melakukan pemadaman di sana," kata Zakir

Zakir menyebut bahwa personel yang melakukan pemadaman di Desa Sipin Teluk Duren merupakan tim gabungan. Tim itu terdiri dari TNI/Polri, Manggala AGNI, Polhut, Masyarakat Peduli Api, perusahaan dan masyarakat sekitar. 

"Info yang kami terima, Polres juga akan menambah personel untuk membantu pemadaman. Tim yang diturunkan dari Dalmas Polres Muaro Jambi," ujarnya. 

Zakir mengakui bahwa proses pemadaman api di Desa Sipin Teluk Duren bukan perkara mudah. Masalahnya, lahan yang terbakar itu merupakan lahan gambut dengan kedalaman 4 hingga 7 meter. 

"Yang terbakar itu lahan gambut, sangat susah untuk memadamkannya. Tapi, kami dari tim gabungan akan berupaya sekuat mungkin memadamkan api itu," katanya.

Hingga kini Tim masih di lokasi kebakaran dan terus berusahan memadamkan api hingga proses pendinginan. Lokasi lahan gambut membuat api yang sudah dipadamkan bepotensi kembali menjalar. (RED)

Kontributor : Romi R