LPKNI Pengaduan Pada 2018 Meningkat

LPKNI Pengaduan Pada 2018 Meningkat

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 20 April tahun 2019, Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) mengadakan berbagai acara, syukuran doa bersama dan memotong nasi tumpen, pemasangan spanduk, dan membagikan brosur serta kalender kepada masyarakat.

Adapun titik pemasangan spanduk dan pembagian brosur yng dilakukan oleh LPKNI ialah di Simpang Lampu Merah Bank Indonesia, Simpang Jelutung, Kota Baru dan Simpang Rimbo.

Ketua LPKNI, Kurniadi Hidayat menjelaskan tujuan dari kegiatan ini ialah memberikan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya, serta menjadi konsumen yang mengerti dengan hak dan kewajiban.

Dia menegaskan pengaduan konsumen yang di terima LPKNI pada 2017 sebanyak 128 dan pada 2018 meningkat dari tahun sebelumnya yakni sekitar 205 pengaduan. Sedangkan pada tahun 2019 telah tercatat sebanyak 29 pengaduan.

"Pengaduan dari tahun 2017 hingga 2019 paling banyak dari sektor finance yakni 40 persen, sementara Bank 30 persen dan lainya sebesar 30 persen," jelas Kurniadi Kurniadi Hidayat, Sabtu (20/4/19).

Untuk diketahui,  kegiatan tersebut dilakukn secara serentak oleh LPKNI di seluruh Indonesia. (red)

Reporter : Dewi Yana Safitri