Merasa Dibohongi! Alwisral Imam Laporkan Ketua DPD PAN Agam ke Polres

Alwisral Imam Zaidallah melaporkan Ketua DPD PAN Agam Andri Warman dan Ketua Tim Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati 2020 Syahmendra Putra ke Kepolisian Resor (Polres) setempat terkait dugaan pembohongan publik tahapan pencalonan kepala daerah.

Merasa Dibohongi! Alwisral Imam Laporkan Ketua DPD PAN Agam ke Polres
Istimewa. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA LUBUKBASUNG - Alwisral Imam Zaidallah melaporkan Ketua DPD PAN Agam Andri Warman dan Ketua Tim Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati 2020 Syahmendra Putra ke Kepolisian Resor (Polres) setempat terkait dugaan pembohongan publik tahapan pencalonan kepala daerah.

"Laporan itu saya sampaikan ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Agam, Senin pagi," katanya di Lubukbasung, Senin (9/11).

Ia mengatakan, dirinya melaporkan hal itu karena adanya dugaan penipuan saat proses tahapan pencalonan bupati-wakil bupati oleh DPD PAN.

DPD PAN sebelumnya menjanjikan bagi pendaftar calon bupati dan wakil bupati akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi sebelum penetapan calon bupati.

Namun tahapan itu tidak jadi dilakukan DPD PAN dan tim. Bahkan langsung menetapkan Andri Warman sebagai calon bupati dan Irwan Fikri sebagai wakil bupati.

Atas dasar itu, DPD PAN dan tim melakukan pembohongan publik, karena tahapan atau mekanisme pencalonan itu tidak dijalankan sesuai dengan janji sebelumnya, katanya,

"Ini pembelajaran politik agar partai tidak semena-mena kepada warga," Kata Alwisral yang juga Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam itu.

Ia mengatakan dirinya mendaftar secara resmi ke DPD PAN setempat setelah dibuka pendaftaran dengan menyerahkan seluruh berkas dan membayar uang pendaftaran Rp2 juta.

Pendaftaran itu juga diikuti oleh 11 putra terbaik Agam, termasuk Andri Warman.

Sebelumnya, ia menggugat PAN ke Pengadilan Negeri (PN) Lubukbasung sebesar Rp1,5 miliar terkait mekanisme seleksi pencalonan bupati dan wakil bupati yang dilakukan partai berlambang matahari terbit itu.

Gugatan itu diajukan ke PN Lubukbasung dengan Nomor; 25/PDT/6/2030/PN.LBS tertanggal 9 Februari 2020, ditujukan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumbar sebagai tergugat pertama, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Agam sebagai tergugat kedua dan Tim Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati 2020 DPD PAN Agam sebagai tergugat ketiga.

"Kasus perdata itu sedang dalam proses dan sudah lima kali sidang," katanya.

Sementara itu, Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan mengatakan laporan itu baru masuk dan penyidik sedang mempelajari laporan perekrutan pencalonan bupati dan wakil bupati.

"Kita sedang mempelajari apakah laporan itu masuk unsur pidanannya," katanya.

Sumber: Antara
Editor: Ari