Muarojambi Pemda Berkinerja Baik Dalam Penyaluran Dana Desa TA 2019

Muarojambi Pemda Berkinerja Baik Dalam Penyaluran Dana Desa TA 2019
Wakil Bupati Muaro Jambi Bersama Kadis PMD Saat Menerima Penghargaan (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kabupaten Muarojambi didapuk menjadi satu dari dua Pemerintah Daerah se-Provinsi Jambi yang berkinerja baik dalam penyaluran Dana Desa di tahun anggaran 2019 lalu.

Di Indonesia, Kabupaten Muarojambi pun masuk dalam deretan 20 Pemda dengan prestasi yang sama. Atas prestasi tersebut Muarojambi pun mendapat penghargaan dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jambi Supendi yang diterima oleh Wakil Bupati Muarojambi i Bambang Bayu Suseno pada Rabu (19/2/20) di Aula Rumah Dinas Bupati Muarojambi.

"Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muarojambi, Bank BPD Jambi beserta pihak-pihak terkait," kata Supendi.

Atas penghargaan tersebut, Penyaluran dana desa di Kabupaten Muarojambi pun berbeda dengan Kabupaten lain. Bila di Kabupaten lain penyaluran dana desa dilakukan dalam tiga tahap yakni 40-40-20 dari pagu anggaran 100 persen, maka di Muarojambi penyaluran DD dilaksanakan dalam dua tahap saja.

"Penyaluran dua tahap yakni 60 persen tahap pertama dan 40 persen untuk tahap kedua. Saat ini, dari 150 desa, DD sudah masuk ke rekening 80 desa lantaran laporan keuangannya yang cepat dan akuntabel," kata Supendi.

Penghargaan ini diterima langsung Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno didampingi Kadis PMD Muarojambi Raden Najmi. Dalam sambutannya, BBS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama stakeholder terkait yakni dinas PMD atas prestasi ini.

"Terima kasih kepada Dinas PMD Muarojambi yang sudah bekerja keras meraih prestasi ini, semoga ini bisa terus ditingkatkan," kata BBS.

Pemkab Muarojambi Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Dalam Pengelolaan Anggaran Dana Desa (Raden Romi/BRITO.ID)

Sementara itu, Raden Najmi dalam sambutannya menegaskan bahwa apa yang diraih ini berkat kerja keras semua pihak. Baik dari PMD maupun pihak Pemerintahan Desa yang concern terus melakukan perbaikan dalam pelaporan dan penyaluran dana desa ini.

"Buah dari kerja keras ini akhirnya kita rasakan bersama. Kendati demikian jangan cepat puas. Kami terus membina Pemerintahan desa agar terus berbenah dan selalu transparans dan akuntabel dalam pelaporan serta penyaluran dana desa ini," kata Najmi.

Menurut Najmi, program dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ini sangat membantu peningkatan pembangunan khususnya di desa.

Pembangunan yang dilakukan terhadap tentu harus selaras dengan pemerintah kabupaten agar cita-cita mewujudkan Jambi Tuntas sesuai visi misi Bupati Muarojambi bisa terwujud.

"Tentunya kita terus tekankan kepada desa agar terus mengoptimalkan kucuran dana desa ini dengan sebaik-baiknya demi Muarojambi lebih baik lagi ke depan dan terus mendukung semua program-program pembangunan Pemkab Muarojambi," pungkasnya.(adv)

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi