Tutup Roadshow Koperasi Se-Muarojambi, Begini Kata Sekda

Tutup Roadshow Koperasi Se-Muarojambi, Begini Kata Sekda
Roadshow Koperasi yang Digelar Pemkab Muarojambi (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Sekda Muarojambi menutup kegiatan roadshow konsolidasi koperasi se-Kabupaten Muarojambi. Kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muarojambi Selasa (7/7/20). Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperindag Muarojambi Nur Subiyantoro, Plt Kadis PdK Suryadin, Kabid Koperasi UKM Diskoperindag Sudirman MPd dan para pemain gelola koperasi di Kecamatan Sekernan, Marosebo, Tamanrajo, Jambi Luar Kota dan Kecamatan Sungaigelam.

Sudirman M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan roadshow tersebut dimulai sejak 1 Juli 2020. Kegiatan dilaksanakan secara bergilir.

"Kegiatan sudah dimulai sejak 1 Juli yang. Di hari pertama roadshow dilaksanakan di  PTPN IV koperasi di lingkup Kecamatan Bahar Group (Sungaibahar, Bahar Utara dan Bahar Selatan). Kemudian dilanjutkan di tanggal 2 Juli di Desa Betung yang dihadiri atau diperuntukkan bagi koperasi yang berada di Kecamatan Kumpeh dan Kumpeh Ulu. Sedangkan hari ini kegiatan penutupan untuk Kecamatan Sekernan, Marasebo, Taman Rajo dn Jaluko serta Sungaigelam," papar Sudirman.

Sementara itu, Sekda Muarojambi  Moh. Fadhil Arief dalam sambutannya menyatakan bahwa Kegiatan seperti ini sangat membantu bagi koperasi untuk mempererat hubungan dalam kerangka memajukan usaha koperasi.

"Koperasi ini secara kelembagaan perlu dibenahi dengan serius oleh dinas. Secara usaha, koperasi mesti punya unit-unit usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih dalam momentum covid 19 ini, peran koperasi sangat penting," kata Sekda.

Menurutnya, pengurus ataupun pengelola  koperasi mesti menguasai Teknologi. Harus memanfaatkan kemajuan digital dan internet.

"Usaha ke depan sudah mengarahkan pada daring atau online. Ini harus dipahami dan dimaknai sebagai sebuah peluang yang harus digali dan lebih dieksflore lagi," kata Sekda.


Diakhir sambutannya, Sekda meminta dinas terkait yakni merancang kegiatan produktif, pelatihan atau workshop.

"Dinas Koperindag harus merancang kegiatan produktif, pelatihan ataupun workshop sebagai upaya penguatan kelembagaan dan penguatan usaha-usaha koperasi dengan melibatkan OPD terkait," tutup Sekda. (adv)