Pasca Bentrokan Pemuda Lubuklandai-Candi, Begini Penyelesaian di Pemda Bungo

Pasca bentrokan antara pemuda dua desa di Kecamatan Tanah Sepenggal yakni Dusun Lubuklandai dan Candi diadakan mediasi penyelesaian di tingkat Kabupaten Bungo-Jambi, Kamis (14/5).

Pasca Bentrokan Pemuda Lubuklandai-Candi, Begini Penyelesaian di Pemda Bungo
Suasana saat bentrokan. (Screenshot/brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Pasca bentrokan antara pemuda dua desa di Kecamatan Tanah Sepenggal yakni Dusun Lubuklandai dan Candi diadakan mediasi penyelesaian di tingkat Kabupaten Bungo-Jambi, Kamis (14/5).

Pertemuan di ruang utama Kantor Bupati Bungo dan membuahkan hasil yang harus dijalankan kedua pihak. 

Kepala BPBD Kesbangpol Bungo Tobroni menyampaikan sudah dilakukan pertemuan di tingkat kabupaten. Sayangnya pihak Dusun Lubuklandai tidak ada satupun yang hadir.

"Hanya satu tokoh Lubuklandai yang hadir bang Haji Idris Zainal. Sementara dari Dusun Candi hadir semua. Jadi kami sampaikan bahwa persoalan ini dilakukan ke ranah adat. Akan dilakukan pertemuan pada 16 Mei mendatang kedua pihak wajib hadir," kata Tobroni. 

Pria yang juga Pemangku Adat di Kabupaten Bungo-Jambi ini menjelaskan kepada Camat Tanah Sepenggal dan Tokoh Lubuklandai untuk tidak muncul persoalan baru lagi. "Intinya duduk bersama adat penyelesaian dengan Tando patuh," terangnya.

Ditanya apa saja pemicu keributan, Tobroni menggarisbawahi sudah beberapa kali keributan kecil muncul mulai soal balap liar, hingga soal pernyataan di akun media sosial soal nada penghinaan. Akun Def Ri menghina warga Lubuklandai. Tapi Defrianto Darmawan Saputra, pelajar asal Dusun Candi mengaku tak pernah memposting itu. 

"Diduga gambarnya diambil orang lain dan mengatasnamakan dirinya. Yang bersangkutan sudah melaporkan ke Polres Bungo dengan surat pengaduan No. STPP/151/V/2020/SPKT/Res Bungo. Intinya sudah diselesaikan awal," terangnya.

Tobroni mengingatkan kembali agar pihak yang terkait wajib mengikuti untuk pertemuan ditingkat adat.

Diketahui aksi penyerangan itu menyebabkan satu unit rumah dan motor terbakar. Mobil Camat Tanah Sepenggal pun ikut jadi sasaran amukan masa. Kaca mobil pecah dan mengalami kerusakan.

Rio (Kades) Lubuk Landai, Anhar juga terkena tembakan senapan angin di bagian punggung belakang dalam insiden tersebut. Kemudian, seorang warga Lubuk Landai atas nama Aprizal mengalami luka bacokan. (red)