Pasien Terkonfirmasi di Jambi Bertambah 78 Orang, Satgas Minta Masyarakat Mau Ikuti Vaksinasi

Pasien terkonfirmasi positif kian naik drastis pada Januari ini. Bahkan hari ini, Rabu (13/1) pasien terkonfirmasi mencapai 78 orang. Hal ini juga dibenarkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah.  "Benar, terkonfirmasi saat ini mencapai 78 orang, dengan rincian terbanyak Kabupaten Merangin 36 orang. Kemudian disusul Kota Sungaipenuh 18 orang, Muarojambi 9 orang, Tebo 6 orang, Kota Jambi 5 orang dan Tanjabtim 4 orang," terangnya.

Pasien Terkonfirmasi di Jambi Bertambah 78 Orang, Satgas Minta Masyarakat Mau Ikuti Vaksinasi
Satgas Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah menginginkan masyarakat ikuti vaksinasi. (Istimewa/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pasien terkonfirmasi positif kian naik drastis pada Januari ini. Bahkan hari ini, Rabu (13/1) pasien terkonfirmasi mencapai 78 orang. Hal ini juga dibenarkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah. 

"Benar, terkonfirmasi saat ini mencapai 78 orang, dengan rincian terbanyak Kabupaten Merangin 36 orang. Kemudian disusul Kota Sungaipenuh 18 orang, Muarojambi 9 orang, Tebo 6 orang, Kota Jambi 5 orang dan Tanjabtim 4 orang," terangnya.

Menurutnya Provinsi Jambi bahkan pernah angka tertinggi 113 orang terkonfirmasi. Hal ini terjadi pada bulan Oktober 2020 lalu. Tingginya pasien terkonfirmasi pada Rabu ini, kata Johan, merupakan hasil tracking dan testing yang semakin tinggi. Terutama terhadap orang yang kontak erat dengan positif. 

"Hal ini masih dalam kewajaran jika hasil tracking tinggi. Sebab standar WHO, perseribu penduduk satu orang harus diswab. Sedangkan di Provinsi Jambi berjumlah 3,6 juta jiwa, maka seharusnya ada 3.600 yang diswab dalam satu pekan," paparnya.

Menurutnya, pihaknya terus mengejar target swab tersebut yang saat ini swab baru mencapai 2.000 orang perminggu.

Untuk diketahui 78 orang terkonfirmasi ini dengan ragam usia mulai dari 2 tahun hingga 80 tahun. Seperti data yang disajikan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi pasien berinisial SRA berusia 80 tahun berasal dari Kota Sungaipenuh. 

Kemudian bayi dua tahun berinisial ZDN asal Merangin, bayi 3 tahun berinisial DPN asal Tebo dan Aja 6 tahun asal Merangin kesemuanya hasil kontak erat orang terdekat.

"Kita melihat data ini, terbanyak kontak erat dan tracking. Kami berharap masyarakat agar selalu menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan selalu menggunakan masker. Terapkan 3M agar kita terhindar dari Corona ini," harapnya.

Namun kata Johan, pasien sembuh juga menunjukkan trend naik, pada Rabu ini saja ada 33 orang dinyatakan bebas dari Covid-19. Trend ini disajikan dari Muarojambi, Merangin, Tanjabtim dan kota Jambi. 

"Pasien meninggal satu orang berasal dari Merangin. Berinisial AM 74 tahun," katanya.

Johansyah juga berharap masyarakat agar dapat mengikuti dan mau divaksinasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin rentan.

"Kami minta masyarakat juga mau mengikuti program vaksinasi untuk pencegahan ini. Semoga saja program ini sukses dan kita mendapatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari Covid-19," harapnya. (Ari)