Pendaftaran Ditutup, Animo Masyarakat Muarojambi Bertarung Pilkades Tinggi

Pendaftaran Ditutup, Animo Masyarakat Muarojambi Bertarung Pilkades Tinggi
Najmi. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Sebanyak 62 Desa di Kabupaten Muarojambi akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak jilid III. 

Pilkades dijadwalkan pada 11 November 2019 mendatang. Masa pendaftaran Pilkades sendiri dibuka sejak 5-21 Agustus.

"Hari ini terakhir masa pendaftaran bakal calon kepala desa hingga pukul 16.00 WIB," cetus Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muarojambi, Raden Najmi, Rabu (21/8/19).

Dipaparkan Najmi, animo masyarakat Muarojambi untuk ikut berkompetisi dalam Pilkades ternyata cukup tinggi. Ini terbukti dengan banyaknya bakal calon kepala desa yang ikut mendaftar.

"Alhamdulillah animo masyarakat cukup tinggi mendaftar bahkan ad yang melebihi ambang batas akhir jumlah peserta seperti di Desa Muhajirin. Di sana ada 11 orang yang ikut mendaftar," ungkapnya.

Menurut Najmi, berdasarkan Permendagri Nomor 65 Tahun 2018, jumlah  pendaftar calon kades minimal dua orang dan maksimal lima orang untuk tiap desanya. Untuk daerah yang bacakadesnya lebih dari lima orang, maka akan dilaksanakan seleksi.

"Bagi desa yang calonnya lebih dari lima akan diadakan seleksi, dan penilaian, dimana semua berkas persyaratan tersebut ada grade nilai tersendiri seperti tamatan SMP dan SMA serta sarjana memiliki nilai tambah tersendiri, demikian juga dengan persyaratan lainnya," kata Najmi.

Dilanjutkan Najmi, untuk penyeleksian atau pengguguran calon kades yang lebih dari lima bakal calon, kewenangan sepenuhnya berada di panitia Pilkades. 

"Untuk pengguguran calon tersebut sepenuhnya ada di tangan panitia Pilkades itu sendiri, kita sudah membuat aturan yang sudah final tinggal panitia Pilkades saja yang akan menilainya dan yang terendah nilainya tentu bisa digugurkan," pungkasnya.

Terpisah, Ketua Panitia Pilkades Desa Senaung Hermanto saat dikonfirmasi mengatakan untuk di desa senaung sendiri terdapat 6 orang yang mendaftar berkompetisi memperebutkan menjadi Kepala Desa.

"Sesuai aturan yang berlaku tentu kami panitia nantinya akan menyeleksi secara ketat berkas para calon dan melakukan penilaian terhadap berkas sesuai dengan ketentuan yang ada. Setelah dilakukan penilaian berkas para calon, selanjutnya para calon tersebut akan mengikuti tes tambahan yakni tes tertulis dari pihak kabupaten. Setelahnya, semua nilai akan diakumulasikan dan nilai yang terendah terpaksa harus digugurkan," tuturnya. (RED)

Kontributor : Romi R