Penunjukan Pj Kades, Warga Keluhkan Pemkab Sangat Lambat

Penunjukan Pj Kades, Warga Keluhkan Pemkab Sangat Lambat
Ahmad Domrah salah seorang tokoh Pemuda Desa Lidung. (Arfandi/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Warga Desa Lidung, Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun mempertanyakan lambannya penunjukan nama PJ Kades yang diusulkan masyarakat setempat oleh pihak Pemkab yakni dinas terkait dan kecamatan.

“Dinas PMD dan Camat agak terkesan lambat dalam menyelesaikan proses penentuan PJS kades Lidung ini, sebab masyarakat mengeluhkan kalau mau mengurus administrasi dan pelayanan lainnya karena tidak punya PJ," kata Ahmad Domrah salah seorang tokoh Pemuda Desa Lidung, Sabtu (19/10/2019).

"Sejak bulan september hingga bulan Oktober ini belum juga ada Pj Kades yang pasti padahal sudah diusulkan," tambahnya.

Dia berharap agar persoalan pengusulan yang sudah diajukan segera ditindaklanjuti. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu.

"Bahkan malah Camat mengeluarkan surat penunjukan sekdes yang non PNS untuk menjadi peltu sementara, sedangkan hal itu tdak dibenarkan dalam aturannya harus PNS," katanya tegas.

“Saya tidak menyalahkan siapapun, tapi tolong pahami kondisi masyarakat dan tolong juga segera ditindak lanjuti supaya masyarakat tidak lagi mengeluh," kata mantan Ketua Umum PMII Cabang Sarolangun ini.

Terpisah, Mulyadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sarolangun, dihubungi mengaku bahwa pihaknya dengan sengaja membuat keterlambatan tersebut. Namun ada beberapa kendala yang membuat usulan tersebut sedikit terlambat.

“Sebelumnya memang ada 4 nama yang diusulkan, cuma ada kendala biasalah tarik ulur akhirnya saya minta petunjuk pak Bupati dan beliau menyarankan agar PJ kades dari pihak Kecamatan,” kata Mulyadi.

Dan dia memastikan dalam minggu depan paling lambat PJ kades sudah ada, sehingga pelayanan pubkik tidak terganggu. “Insyaallah Minggu depan sudah ada. Kami juga tidak mau pelayanan masyarakat setempat terganggu,” tutup Mulyadi. (RED)

Reporter : Arfandi S