Polemik Pilkades Ujung Tanjung Bungo, Begini Kritik Pedas dari Pengamat..

Polemik Pilkades Ujung Tanjung Bungo, Begini Kritik Pedas dari Pengamat..

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Polemik pilrio ujung tanjung dari penetapan calon hinga pemungutan Suara turut menarik perhatian praktisi hukum asal Muara Bungo. Alparobi, SH, MH memberikan pandangannya sebagai putra daerah sekaligus praktisi hukum.

"Saya sebagai salah seorang putra daerah Jujuhan Kabupaten Bungo merasa sangat terkejut dan prihatin mendengar adanya indikasi kecurangan berupa ditemukannya pemilih siluman dalam pemilihan rio ujung tanjung yang di gelar Senin (19/11/2018),” kata Alfarobi dikonfirmasi, Kamis (22/11).

Katanya, jika terbukti keberadaan pemilih Siluman yang ada di TPS 3 Kampung Penual itu tentu saja mencederai demokrasi dan bertentangan dengan sifat pemilihan kepala desa yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan Adil. “Ya sebagaimana yang diamanahkan oleh pasal 34 ayat (2) Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa," ujarnya.

Alfarobi juga menyampaikan harapannya kedepan untuk praktek demokrasi di Kabupaten Bungo. Hal ini tidak terjadi lagi yang mencederai prinsip demokrasi seperti ini di Kabupaten Bungo, baik itu ditingkatan pemilihan kepala desa atau kepala daerah.

“Maupun dalam tingkatan pemilihan umum legislatif dan presiden yang sebentar lagi akan kita songsong pada tahun 2019 mandatang," kata prria yang menempuh master Hukum dari Universitas Gadjah Mada. (red)