Polisi Minta Massa Bela Uighur Masuk dari Jalan Prof Satrio

Polisi Minta Massa Bela Uighur Masuk dari Jalan Prof Satrio

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Polisi mengimbau pengunjuk rasa Aksi Bela Uighur agar masuk dari Jalan Prof Dr Satrio guna menuju ke depan Kedutaan Besar China, mengingat beberapa ruas jalan di Mega Kuningan ditutup selama demonstrasi berlangsung Jumat (21/12).

"Pintu masuknya dari Jalan Prof Dr Satrio, parkirnya juga di sana," kata Komisaris Polisi Priyo, seorang anggota polisi yang ditemui saat tengah mengatur lalu lintas di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat.

Imbauan itu ia sampaikan, karena banyak pengunjuk rasa yang memarkirkan motor di sisi kiri jalan utama, khususnya di halaman depan Oakwood Mega Kuningan dan trotoar samping Jalan Dr Ide Anak Agung Gde Agung.

Menurut Kompol Priyo, areal itu bukan lokasi parkir untuk para pengunjuk rasa karena pihak kepolisian telah menyediakan areal parkir di dekat Pos Polisi Mega Kuningan yang berjarak sekitar 200 meter dari Kedubes China.

Dari pantauan di lokasi, adanya penutupan jalan dan beberapa motor yang parkir sembarang menyebabkan arus kendaraan melambat.

Kendaraan roda dua dan empat di depan Oakwood pun terlihat mengular hingga sepanjang satu kilometer.

Di tengah kepadatan itu, beberapa anggota dari kepolisian dan petugas keamanan gedung tampak berjaga sembari mengatur lalu lintas.

Beberapa kelompok umat muslim Indonesia berunjuk rasa dalam Aksi Bela Uighur 2112 di depan Kedutaan Besar China, Jalan Mega Kuningan Nomor 2, Jakarta Selatan pada pukul 13.00 WIB. Aksi itu merupakan respon terhadap kebijakan pemerintah China terhadap kelompok muslim Uighur yang dinilai keras oleh beberapa umat Islam di Indonesia.(red)