Polres Muarojambi Tanam 1.999 Pohon, Cegah Pemanasan Global

Polres Muarojambi Tanam 1.999 Pohon, Cegah Pemanasan Global
Kapolres Muarojambi tanam pohon. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Jajaran Polres Muarojambi melakukan gerakan tanam pohon serentak. Ada 1999 pohon yang ditanam secara massal baik di Mapolres maupun di Mapolsek serta Polsubsektor yang tersebar dalam wilayah hukum Polres Muarojambi. 

Rinciannya, 499 batang pohon ditanam mengelilingi Mapolres dan sisanya, 1.500 batang lagi ditanam di Mapolsek dan Polsubsektor. 

"Gerakan menanam pohon ini guna membantu mencegah pemanasan global. Pohon ini kan mampu menyerap emisi karbon yang menjadi penyebab global warming," kata Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto usai menanam pohon secara simbolis di Mapolres Muarojambi, Jum'at (3/1/20).

Dikatakan Kapolres, menanam dan memelihara pohon juga merupakan salah satu solusi jangka panjang dalam mencegah bencana alam.

Ribuan pohon yang ditanam itu nantinya juga dapat mencegah erosi atau pengikisan tanah. Kemudian dapat menyerap air sehingga mencegah terjadinya banjir. Pohon juga dapat menambah nilai eksotis dan keindahan kantor. 

“Pohon itu juga bisa membuat rasa nyaman. Tak hanya itu, pohon juga mampu memperkuat sempadan jalan dan menjadi peneduh sekaligus pemecah angin,” ujarnya.

Selain itu, kata Ardiyanto, dengan banyaknya pohon yang ditanam, maka nantinya pohon itu dapat menurunkan suhu panas dari sinar matahari. Sehingga udara di sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman.

“Semakin banyak pohon yang ditanam, maka habitat binatang akan terjaga,” imbuhnya.

Ribuan pohon yang ditanam di Mapolres Muarojambi merupakan pohon yang menghasilkan oksigen atau O2. Oksigen ini sangat diperlukan oleh manusia.

“Pohon juga dapat menyerap Karbondioksida atau Co2 seperti udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Intinya, secara higenis pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia,” sebutnya.

Ardiyanto juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Muarojambi untuk menanam pohon di sekitar lingkungannya. Kata dia, pohon sangat lah penting untuk kehidupan di masa depan.

“Pohon juga menjadi solusi di jangka panjang dalam mencegah bencana,” tutupnya.

Penulis: Romi Raden
Editor: Ari