Resmi Buka PON XX di Papua, Jokowi Unjuk Kebolehan Main Bola dan Tabuh Tifa

Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021). "Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang Pekan Olahraga Nasional ke-XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Resmi Buka PON XX di Papua, Jokowi Unjuk Kebolehan Main Bola dan Tabuh Tifa
Jokowi saat pembukaan PON XX Papua. (Ist)

BRITO.ID, BERITA PAPUA - Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021).

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang Pekan Olahraga Nasional ke-XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Jokowi pun mengajak untuk merayakan PON ke-XX ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Negara juga yakin dengan adanya PON ini kemajuan Papua akan berjalan cepat.

"Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan," ujar dia.

Presiden Jokowi menunjukkan kemampuan bermain sepak bola dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021. Momen menarik terjadi dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021, Sabtu (2/10/2021) malam WIB.

Presiden Jokowi turun dari tribune kehormatan untuk bermain sepak bola bersama anak-anak Papua.

“Bapak Presiden, mari sini dukung kita,” demikian suara yang menggema di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, tempat berlangsungnya upacara pembukaan PON Papua 2021.

Ketika suara ajakan itu terdengar, pesepak bola Papua yang pernah membela Persipura Jayapura dan timnas Indonesia, Jack Komboy, tengah memainkan si kulit bundar bersama tiga orang anak.

Presiden Joko Widodo segera turun dari tribune VVIP menuju lapangan. Ia bergabung dengan Jack Komboy untuk bermain bola bersama anak-anak.

Tetap mengenakan masker, Presiden Jokowi bertukar operan dengan Jack Komboy dan ketiga bocah Papua.

Setelah bermain sepak bola, Presiden Jokowi menyambut penampil berbaju adat Papua yang menghampirinya.

Penampil tersebut membawa tifa dan menyerahkannya kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi lantas menabuh tifa. Bunyi tifa itu menjadi penanda dibukanya PON XX Papua 2021.

Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Presiden Jokowi.

Api PON XX kemudian dinyalakan oleh pesepak bola top asli Papua yang kini membela Borneo FC, Boaz Solossa. Kehadiran Boaz diiringi oleh letusan kembang api warna-warni.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” kata Presiden Jokowi dalam pidato pembukaan seperti dilansir dari ANTARA.


Ajang olahraga nasional empat tahunan ini akan mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang.

Adapun tempat utama penyelenggaraan PON berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berkapasit 40 Ribu penonton.

Sumber: Antara/Kompas.com
Editor: Ari