Setelah Google, Facebook, Kini Giliran Aplikasi Signal Diblokir China....

Aplikasi Signal dikabarkan telah diblokir di China. Informasi ini diketahui setelah sejumlah pengguna di negara Tirai Bambu itu melaporkan tidak bisa mengakses Signal tanpa memakai layanan VPN.

Setelah Google, Facebook, Kini Giliran Aplikasi Signal Diblokir China....
Signal (ist)

BRITO.ID, BERITA VIRAL - Aplikasi Signal dikabarkan telah diblokir di China. Informasi ini diketahui setelah sejumlah pengguna di negara Tirai Bambu itu melaporkan tidak bisa mengakses Signal tanpa memakai layanan VPN.

Dikutip dari The Guardian, Kamis (18/3), sejak awal pekan ini, pengguna Signal di Tiongkok mengatakan mereka tidak bisa mengirimkan teks atau melakukan panggilan suara melalui aplikasi.

Meski dilaporkan tidak bisa diakses pengguna di Tiongkok, otoritas setempat mengatakan mereka tidak mengetahui mengenai hal tersebut. Signal sendiri hingga sekarang belum berkomentar mengenai peristiwa ini.

Untuk diketahui, aplikasi Signal memang tengah populer di Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir. Namun pengguna aplikasi ini memang belum menyamai WeChat yang mayoritas digunakan penduduk Tiongkok.

Signal sendiri bukan aplikasi pertama yang diblokir di Tiongkok. Sejumlah aplikasi populer, seperti Facebook, Google, dan Twitter sebenarnya juga sudah lama tidak dapat diakses pengguna di negara tersebut.

Jika benar Signal diblokir, ada kemungkinan hal ini dilakukan karena aplikasi itu menerapkan enkripsi end-to-end. Hal ini membuat pihak ketiga tidak dapat melihat konten atau percakapan yang dilakukan dalam aplikasi.

Di sisi lain, pemerintah Tiongkok memiliki sebuah sistem Great Firewall sebuah sistem sensor untuk memblokir situs web, layanan maupun aplikasi yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Sumber: Liputan6.com
Editor: Ari