Kadis Perkebunan Provinsi Jambi Agusrizal Pesimis Replanting Karet Bisa Berjalan Maksimal

Kadis Perkebunan Provinsi Jambi Agusrizal Pesimis Replanting Karet Bisa Berjalan Maksimal

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Melalui sektor perkebunan sawit, pemerintah pusat siap mengucurkan dana untuk pelaksanaan peremajaan kelapa sawit di Provinsi Jambi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemprov untuk menyambut baik pelaksanaan tersebut.

Akan tetapi, saat ini Pemerintah Provinsi pesimis akan program tersebut. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal. Dia pesimis karena yang menjadi permasalahan adalah kabupaten di Provinsi Jambi belum siap.

  BACA JUGA
Rupiah Melemah Pemerintah Pusat Tantang Pemprov Jambi Perkuat Komoditi Sawit

"Kan ada syarat administrasinya yang harus dikumpulkan. Ini agak berat dilakukan pemerintah kabupaten, mereka belun siap juga merangkul petani," katanya. 

Sebelumnya Direktorat Kementrian Perkebunan Ir Bambang MM menyampaikan tantangannya kepada Pemerintah Provinsi Jambi, untuk menyambut baik wacana pemerintah pusat ini. 

  BACA JUGA
Pemerintah Pusat Targetkan Replanting 5,6 Juta Hektare Sawit, Jambi Salah Satu Prioritas

"Per 1 hektare pemerintah pusat kucurkan dana kurang lebih Rp2,5 juta. Jika 25 hektare saja ada 50 juta, dari 20.000 hektare kurang lebih 1 triliyun bisa dikejar oleh Pemda," kata Bambang. Menurut dia, hal tersebut bukan mustahi bisa dikejar oleh Pemprov Jambi. (ron)