Target PAD Dishub Muarojambi Baru Terealisasi 53 Persen

Target PAD Dishub Muarojambi Baru Terealisasi 53 Persen
Nazman (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Dinas Perhubungan Muarojambi dibebankan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp325 Juta pada tahun anggaran 2019. Dari target tersebut saat sudah terealisasi sekitar 53.7 persen.

"Hingga akhir Juni lalu dari PAD kita sudah terealisasi sekitar Rp174 juta atau sekitar 53.7 persen," ungkap Kepala Dishub Muarojambi Nazman Efendi, Selasa (13/8/19).

Menurut Nazman, target PAD Dishub meningkat dari tahun lalu. Pada tahun anggaran 2018, dinas yang dipimpinnya dibebankan PAD sebesar Rp250 juta.

"Tahun lalu target PAD kita Rp250 juta dan Alhamdulillah over target pada akhir tahun, yakni Rp276 juta," cetusnya.

Diterangkan Nazman target PAD ini didapat dari retribusi uji KIR kelayakan kendaraan bermotor. Uji KIR adalah serangkaian kegiatan menguji dan atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan laik jalan. 

"Setelah kita uji KIR, selanjutnya pemilik kendaraan kita berikan surat ketetapan retribusi daerah (SKRD). Pembayaran langsung dilakukan pemilik kendaraan ke Bank," urainya.

Pihaknya optimis target PAD yang dibebankan ke Dishub Muarojambi bisa dicapai. Ini karena pihaknya menambaha sasaran uji KIR melalui kerjasama dengan perusahaan yang ada di Muarojambi.

"Jadi kita arahkan perusahaan yang ada di Muarojambi uji kirnya ke kita. Untum target kita optimis bisa tercapai karena realisasi 53.7 persen itu baru sebatas bulan Juni. Ini masih dalam koridor pencapaian karena suda lebih dari 50 persen," pungkasnya. (RED)


Kontributor : Romi R