Tutup Resmi Diktuk Bintara Polri Tahun 2022, Ini Pesan Penting Kapolda Jambi Bagi Anggota Baru

Bertempat di Lapangan Upacara SPN Polda Jambi, Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono memimpin upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan dan Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Siswa Bintara Polri Gelombang II T.A 2022, Rabu (21/12/2022).

Tutup Resmi Diktuk Bintara Polri Tahun 2022, Ini Pesan Penting Kapolda Jambi Bagi Anggota Baru
Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono Lantik resmi Anggota Polri baru. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Bertempat di Lapangan Upacara SPN Polda Jambi, Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono memimpin upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan dan Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Siswa Bintara Polri Gelombang II T.A 2022, Rabu (21/12/2022).

Amanat Kalemdiklat Polri yang dibacakan Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono mengajak untuk bersama-sama mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. 

"Upacara pada hari ini menandakan telah berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Bintara Polri gelombang II tahun anggaran 2022," ujar Rusdi Hartono saat membacakan Amanat Kalemdiklat Polri.

Mantan Karo Penmas Divhumas Polri ini mengungkapkan bahwa dirinya selaku Kapolda Jambi mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan. 

"Dikarenakan waktu pendidikan yang cukup singkat, oleh karena itu terus bekali kemampuan saudara dengan belajar, belajar dan terus belajar, karena sejatinya hidup itu merupakan pembelajaran yang panjang dan tidak pernah berhenti (life long learning). Penutupan pendidikan ini bukan akhir dari perjalanan, akan tetapi awal dari pengabdian kepada masyarakat dan bangsa indonesia dengan berbagai tantangannya," terang Rusdi.

Selanjutnya, Kapolda memberikan pesan kepada bintara remaja tersebut, untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai bekal memasuki tugas di lapangan. Pesan tersebut di antaranya untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas. 

"Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, dalam setiap langkah pengabdian sebagai Insan Bhayangkara, jaga nama baik Polri dan junjung tinggi panji-panji Tribrata," kata Kapolda. 

Selanjutnya, senantiasa bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat, serta perkuat sinergitas dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, Pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk mengembangkan diri agar tidak tertinggal oleh perkembangan situasi dan kondisi saat ini dan yang akan datang;

"Polisi adalah kita, kita adalah Polisi, maka jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat," kata Kapolda. 

Diakhir Amanat, Kalemdiklat Polri melalui Kapolda Jambi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya Diktuk Bintara Polri Gelombang II Tahun anggaran 2022. Mulai dari jajaran Kapolda, pimpinan TNI, Pemerintah Daerah, para tokoh masyarakat. 

"Semoga budi baik bapak dan ibu sekalian mendapatkan balasan keberkahan dari Allah SWT," kata Kapolda. 

Tampak Hadir dalam upacara, Wakapolda Jambi, Brigjen Pol. Yudawan Roswinarso, Irwasda Polda Jambi Kombes Pol. Raden Heru Prakoso, Kasirem Korem 042/Gapu Kolonel Maskun Nafik, Kepala BPBD Jambi Bachyuni Deliansyah, Para Pejabat utama Polda Jambi, Kapolresta Jambi, Kombes Pol Eko Wahyudi, Kapolres Muaro Jambi, Akbp Yuyan Priatamaja, Wadandenpom II/2 Jambi Mayor CPM Hari Sulistyono, Danki Batalyon 142 Gapu Jambi Kapten Nurmansyah dan orang tua para siswa yang dilantik.(*).

Penulis: Romi

Editor: Ari