Usai Ditangkap KPK, Adik Kandung Zulkifli Hasan Langsung Dibawa ke Jakarta

Bupati Lampung Selatan H Zainudin Hasan terduga dalam kasus Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi senilai Rp700 juta dibawa ke Jakarta dari Mapolda Lampung.

Usai Ditangkap KPK, Adik Kandung Zulkifli Hasan Langsung Dibawa ke Jakarta

BRITO.ID, JAKARTA - Bupati Lampung Selatan H Zainudin Hasan terduga dalam kasus Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi senilai Rp700 juta dibawa ke Jakarta dari Mapolda Lampung.

"Kemungkinan mereka telah dibawa ke bandara untuk diterbangkan ke Jakarta," kata Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPW Partai Amanat Nasional Provinsi Lampung Zulfikar Ali Butho, di Mapolda Lampung, Bandarlampung, Jumat.

Selain Bupati Lampung Selatan H Zainudin Hasan, menurutnya lagi, Ketua Fraksi PAN DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho juga terlihat bersama di dalam mobil. Ali menyebutkan, Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan yang juga Ketua Umum DPW PAN Lampung saat diangkut menggunakan kemeja putih bercorak kembang-kembang dengan jaket warna cokelat.

"Kami tidak bisa berbicara karena penjagaan cukup ketat, tapi sempat bersalaman saat mereka mau naik kendaraan," katanya seperti dilansir antara.

Ia menjelaskan dari raut muka Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan terlihat kelelahan setelah menjalani pemeriksaan di Mapolda Lampung oleh tim KPK.

Pihaknya hingga sekarang belum mendapatkan informasi atau keterangan resmi dari KPK terkait penangkapan Bupati Lampung Selatan, Ketua Fraksi PAN DPRD Lampung serta sejumlah orang lainnya yang terkena OTT itu.

Ali Butho menambahkan pihaknya akan mengambil langkah-langkah selanjutnya untuk merumuskan atau berkoordinasi dengan pengurus DPW PAN Lampung terkait advokasi terhadap Zainudin Hasan dan Agus BN.

"Saat ini otomatis menggunakan penasihat hukum dari partai, sambil menentukan langkah selanjutnya, apakah menggunakan pengacara luar atau tidak," katanya pula.

Puluhan wartawan yang sejak pagi mendatangi Mapolda Lampung sempat terkecoh karena tidak mengetahui kendaraan yang akan membawa para tersangka OTT tersebut. Para wartawan dari sejumlah media cetak, elektronik maupun online sempat mengejar salah seorang kerabat dari salah seorang tersangka OTT di halaman parkir depan Mapolda Lampung.

Namun dari arah pintu gerbang Mapolda Lampung keluar tiga unit kendaraan yang mengangkut para tersangka OTT. Tim KPK dalam kasus itu mengamankan uang Rp700 juta, ratusan dalam pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu ribu. Diduga terkait dengan proyek infrastruktur.

Selain menjadi Ketua DPW PAN Provinsi Lampung, Zainudin Hasan adalah adik kandung Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Seperti diketahui, Zulkifli Hasan juga adalah Ketua Umum DPP PAN. (*)