Warga Muarojambi Bersyukur Hujan Turun, ISPU Turun Drastis

Warga Muarojambi Bersyukur Hujan Turun, ISPU Turun Drastis
Hujan turun di Muarojambi. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Alhamdulillah akhirnya hujan turun lebat di Muarojambi. Dua hari terakhir hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Muarojambi. Meskipun tidak berdurasi lama, namun hujan yang mengguyur Muarojambi langsung membuat kabut berkurang.

"Alhamdulillah akhirnya hujan juga," kata Suhermanto warga Sekernan Rabu (25/9/19).

Selain di Kecamatan Sekernan dan sekitarnya, hujan juga turun di Kecamatan Kumpeh Ulu dan Kumpeh. Sebagaimana diketahui, dua kecamatan ini merupakan kawasan terdampak kabut asap terparah di Muarojambi. Pasalnya, di dua Kecamatan itu terjadi kebakaran hutan dan lahan dengan luasan terbanyak di Muarojambi.

"Karena hujan yang terjadi ISPU langsung turun drastis," ungkap Kepala Dinas Lingkugan Hidup Muarojambi Firmansyah.

Dikatakannya, pada Senin (23/9/19) yang lalu, angka ISPU berada di 341 Mg/L. Setelah diguyur hujan pada Selasa (24/9/19), angka ISPU langsung turun menjadi 161 mg/l. 

"Hari ini dipastikan ISPU kembali turun karena hujan kembali turun. Tapi angka pastinya kita belum dapat karena anggota lagi mengecek di lapangan," kata dia.

Dijelaskan Firman, hujan yang turun membuat udara di angkasa, sehingga sinar matahari bisa menembus ke bumi tanpa terhalang kabut. Selanjutnya hujan juga membuat partikel debu yang beterbangan di udara jatuh ke bumi dan membuat ISPU menurun.

"Kualitas udara juga akan berguyur membaik," pungkasnya. (RED)

Kontributor : Romi R