4 Hektar Lahan Kosong di Marosebo Terbakar, 1 Unit Helikopter Diterjunkan

Kebakaran hutan dan lahan mulai mengancam Muarojambi. Hari ini, Minggu (24/10/21), Karhutla kembali terjadi. Lahan kosong yang berlokasi di Jalan Lintas Jambi Sabak tepatnya di RT 05 Desa Bakung Kecamatan Marosebo terbakar.

4 Hektar Lahan Kosong di Marosebo Terbakar, 1 Unit Helikopter Diterjunkan
Kebakaran Lahan yang Terjadi di Muarojambi (ist)

BRITO. ID, BERITA MUAROJAMBI - Kebakaran hutan dan lahan mulai mengancam Muarojambi. Hari ini, Minggu (24/10/21), Karhutla kembali terjadi. Lahan kosong yang berlokasi di Jalan Lintas Jambi Sabak tepatnya di RT 05 Desa Bakung Kecamatan Marosebo terbakar. 

"Iya(terjadi karhutla). Lahan kosong yang terbakar sekitar 4 hektar," kata Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja melalui Kapolsek Marosebo Iptu Taroni Zebua.

Kata Kapolsek, kebakaran lahan kosong tersebut terjadi pada pukul 12.30 WIB tadi siang. Api baru berhasil dipadamkan hampir 3 jam kemudian sekitar pukul 15.00 WIB setelah tim gabungan dari Polsek Marosebo, BPBD, TNI, POLRI, Tim Karhutlah PT. KTN dan masyarakat turun ke lokasi memadamkan api. 

"Lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan kosong dengan vegetasi semak belukar, dengan jenis tanah mineral," kata Kapolsek. 
 
Kapolsek menyebut pihaknya mendapatkan informasi kebakaran dari masyarakat. Berbekal informasi tersebut, mereka langsung ke lokasi untuk melakukan pemadaman. 

"Kita dapat info dari masyarakat ada lahan kosong terbakar. Langsung kita ke lokasi bersama tim untuk padamkan api. Alhamdulillah api berhasil dipadamkan dengan dibantu unsur terkait seperti BPBD, TNI, Tim Karhutlah PT. KTN dan masyarakat dan ditambah dengan 1 unit Helikopter water bombing dan 2 unit mobil damkar," kata Kapolsek. 

Untuk pemilik lahan dan penyebab kebakaran, kata Kapolsek, masih dalam proses penyelidikan. Pihaknya sudah memanggil saksi serta memasang garis polisi di lokasi kebakaran. 

"Untuk pemilik lahan masih belum diketahui dan kita akan selidiki siapa pemiliknya. lanjutnya. Kita akan memasang Police line di area terbakar, dan akan memanggil para saksi untuk menyelidiki penyebab kebakaran," kata Kapolsek. 

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi