Aktivitas Gunung Kerinci Meningkat, Pemprov Jambi Minta Masyarakat Jangan Panik

Aktivitas Gunung Kerinci Meningkat, Pemprov Jambi Minta Masyarakat Jangan Panik

BRITO.ID BERITA JAMBI - Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi kembali menyemburkan abu vulkanik. Erupsi ini terjadi sejak Sabtu (29/09/18) dini hari.

Menanggapi hal ini Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah yang mendampingi kepala BPBD Bayu meminta masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik. Menurutnya, saat ini tingkat aktivitas Gunung Kerinci pada tahap level II (waspada). Dengan demikian, masyarakat di sekitar gunung api Kerinci dan pengunjung/wisata tidak diperbolehkan mendaki kawah yang di puncak gunung api Kerinci di dalam radius 3 KM dari kawah aktif. Selain itu masyarakat dilarang beraktivitas di radius bahaya/KRB III. 

Jalur penerbangan disekitar gunung api Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu, dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

"Kita telah berkoordinasi dengan pihak BPBD. Hasilnya saat ini keadaan gunung Kerinci dalam keadaan status level II. Dan masyarakat di sekitar gunung Kerinci diminta untuk tenang dan tidak panik," kata Johansyah. (sai)