Al Haris Akui Koperasi dan UMKM di Merangin Sulit Berkembang

Al Haris Akui Koperasi dan UMKM di Merangin Sulit Berkembang
Bupati Merangin Al Haris (Rhizki/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Dalam rangka memperinhati HUT Koperasi ke-72, Bupati Merangin, H Al Haris, mengakui kalau Koperasi serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Merangin sangat sulit berkembang.

Pasalnya, para pelaku dan penggiat koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perlu ‘suntikan’ maupun bantuan dari pihak Perbankkan dan pihak swasta, sehingga bisa tumbuh lebih baik lagi.

‘’Sekarang ini kondisinya masih sangat sulit untuk mengembangkan koperasi dan UMKM. Banyak hal yang mempengaruhinya, mulai dari modal, sumber daya manusia, bahan baku sampai pemasarannya,’’ ujar Haris.

Selain itu lanjut Bupati, juga belum terjadi sinkronisasi atas berbagai kendala yang dialami, sehingga baik koperasi dan UMKM berjalan tersendat-sendat. Untuk itu Haris meminta, pelakunya seris dan lebih profesional dalam penanganannya.

Sedangkan untuk membantu permodalan, bupati telah menganjurkan kepada para pelaku koperasi dan UMKM, menjalin kerjasama untuk mendapatkan bantuan modal dari pihak Perbankkan dan pihak swasta.

Sehingga harap Haris kedepan berbagai potensi dan hasil-hasil unggulan daerah bisa dikemas menarik dan dipasarkan menjadi aikon daerah. Diakuinya yang paling berat itu adalah memulainya.

‘’Tapi kalau kita sudah memulai, ada wahana dan ada hasil yang akan diraih dari perjuangan yang dilakukan. Untuk itu kita harus lebih tekun dan giat lagi dalam bekerja,’’ pinta Bupati. (RED)

Kontributor : Rhizki Okfiandi