Anggarkan Rp 94 Miliar untuk Covid-19, Pemkab Muarojambi Baru Gunakan Segini

Pemkab Muarojambi telah merefocusing dan realokasi APBD senilai Rp94 milliar untuk penanganan wabah Covid-19. Sejauh ini, dari total refocusing anggaran tersebut sudah dibelanjakan sebanyak Rp1 milliar. 

Anggarkan Rp 94 Miliar untuk Covid-19, Pemkab Muarojambi Baru Gunakan Segini
Sekda Muarojambi Dalam Konferensi Pers (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Pemkab Muarojambi telah merefocusing dan realokasi APBD senilai Rp94 milliar untuk penanganan wabah Covid-19. Sejauh ini, dari total refocusing anggaran tersebut sudah dibelanjakan sebanyak Rp1 milliar. 

"Satu miliar sudah kita gunakan untuk pembelian alat-alat kesehatan dan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis serta alat rapid test. Sebanyak seribu rapid test sudah dibelanjakan, sementara masih ada yang sedang dipesan sebanyak 5 ribu," kata Jubir tim gugus tugas Covid-19 Muarojambi Moh. Fadhil Arief Selasa (28/4/20).

Selain pembelian Rapid Test dan APD, anggaran tersebut juga sudah dibelanjakan untuk pembelian masker, sarana cuci tangan, disinfektan dan biaya patroli serta sosialisai kepada masyarakat untuk tidak berkumpul dan tetap melakukan physical distancing. 

"Kalau untuk bantuan sosial, tahapannya sedang diproses dan dilakukan validasi data dari Dinsos. Yang menerima Bansos tersebut kita rencanakan sekitar 17 ribu KK," kata Fadhil Arief yang juga menjabat Sekda Muarojambi ini.

Sekda juga menjelaskan, seandainya wabah ini sudah berakhir, maka anggaran tersebut akan dicabut kembali. Anggaran tersebut mereka istilahkan digantung, dan digunakan secara bertahap.

"Digantungkan artinya yang dibelanjakan sesuai yang dibutuhkan. Soalnya proses ini perlu disesuaikan, saat ini masih ada sebagian alat pelindung diri (APD) untuk petugas Covid-19 lagi dipesan," kata Fadhil Arief. 

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi