Bawa 45 Kg Ganja dari Aceh, Kurir Asal Jawa Barat Ditangkap BNNP Jambi

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi menggagalkan penyelundupan narkoba jenis ganja berskala besar.

Bawa 45 Kg Ganja dari Aceh, Kurir Asal Jawa Barat Ditangkap BNNP Jambi
Barang Bukti Beserta Pelaku yang Diamankan Tim BNNP Jambi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi menggagalkan penyelundupan narkoba jenis ganja berskala besar. 

Barang bukti yang diamankan sebanyak 45 kilogram ganja dari Aceh ini akan dikirim ke Purwakarta dari jalur darat melalui bus antar kota antar provinsi (AKAP yang sedang melintas di terminal bus, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan BNN Provinsi Jambi, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengatakan pelaku ditangkap saat menumpangi bus yang menuju pulau Jawa.

"Diamankan saat di dalam bus, tujuannya ke pulau Jawa," ujarnya, Senin 4 Oktober 2021.

Untuk mengelabuhi petugas, puluhan kilogram ganja tersebut dikemas menggunakan lakban warna kuning, dan dimasukkan ke dalam dua karung warna putih.

Terbongkarnya penyelundupan ganja ini, pada Sabtu 2 Oktober 2021, pihaknya menerima informasi bahwa akan ada narkotika yang akan dikirimkan melintas Provinsi Jambi melalui Lintas Tengah Sumatera menggunakan Bus angkutan antar kota antar Provinsi yang akan mengangkut penumpang dan barang yang akan melintas Provinsi Jambi.

Mendapati informasi bahwa Bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi yang akan melintas masuk Provinsi jambi, BNNP Jambi melaksanakan Undercover menuju perbatasan Jambi-Riau namun tidak ditemukan indikasi akan melintas.

Lanjutnya, pada Senin 4 Oktober 2021, tim dari BNN Provinsi Jambi tiba di terminal bus LLAJ Kabupaten Bungo. Petugas kemudian melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang yang berada didalam bus maupun didalam bagasi bagian bawah Bus. 

Dari hasil pemeriksaan, ditemukanlah seorang terduga kurir yang sedang mengirim ganja. Pelaku itu berinisal AN, warga Sukabumi, Jawa Barat.

"Barang bukti yang berhasil diamankan, yakni 45 kilogram terduga ganja yang berada dalam 2 buah karung, 1 unit Handphone merek Xiaomi Redmi 9, dan tiket penumpang beserta nomor bagasi," ungkapnya. 

Saat ini pelaku beserta barang bukti kemudian dibawa ke Kantor BNN Provinsi Jambi, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi