Bawaslu Nyatakan KPU Merangin Lakukan Pelanggaran Administrasi

Bawaslu Nyatakan KPU Merangin Lakukan Pelanggaran Administrasi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Bawaslu Provinsi Jambi menggelar sidang administrasi pelanggaran pemilu 2019, Rabu (13/02). Salah satu agenda sidang adalah terkait pelanggaran yang dilakukan KPU Merangin.

Pimpinan Bawaslu Fachrul Rozi, mengatakan KPU Kabupaten Merangin terbukti melakukan pelanggaran administrasi. Itu terkait dengan persyaratan pendaftaran tiga Caleg DPRD Merangin, Syafrudin, Zamzami Rahman dan Fauzi Yusup.

Putusan ini sudah dibacakan dalam sidang dengan pemohon tiga anggota DPRD Merangin Fauzi Yusup, Syafrudin dan Zamzami Rahman. Bawaslu menyatakan KPU Merangin terbukti menyalahi prosedur soal tata cara pencalonan.

Menurut Fachrul, Bawaslu meminta KPU Provinsi Jambi memberikan surat peringatan tertulis untuk KPU Merangin. "KPU Provinsi kita minta untuk membuat surat peringatan kepada KPU Merangin. Sebab terbukti melakukan pelanggaran," sebutnya, Rabu.

Dalam putusan itu juga Fauzi Yusup, Syafrudin, dan Zamzami diperintahkan untuk meminta surat putusan pemberhentiannya sebagai anggota DPRD yang sah. "Jika dalam 3 hari surat tidak ada, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat. Itu salah satu keputusan sidang tadi," tambahnya.

Terpisah, Ketua KPU Merangin Iron Syahroni menerima putusan yang dibacakan oleh Bawaslu. "Kita terima putusan itu," katanya, usai sidang.

Pelanggaran administrasi berawal dari temuan dari Bawaslu Merangin tentang syarat pengunduran diri 3 caleg yang pindah partai. "Temuan kita dan setelah itu ditindaklanjuti," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Merangin, Albert Trisman. (red)