Bentangkan Spanduk Habib Rizieq di Atas JPO, Massa PA 212 Tuntut RUU HIP Ditarik

Massa aksi Persaudaraan Alumni (PA) 212 dkk mulai memadati depan pintu gerbang gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Terlihat massa aksi membentangkan spanduk Habib Rizieq Syihab di tengah aksi menuntut RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), yang merupakan usulan DPR, ditarik dari Prolegnas.

Bentangkan Spanduk Habib Rizieq di Atas JPO, Massa PA 212 Tuntut RUU HIP Ditarik
Spanduk Habib Rizieq di tengah aksi PA 212 (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Massa aksi Persaudaraan Alumni (PA) 212 dkk mulai memadati depan pintu gerbang gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Terlihat massa aksi membentangkan spanduk Habib Rizieq Syihab di tengah aksi menuntut RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), yang merupakan usulan DPR, ditarik dari Prolegnas.

Pantauan, Rabu (24/6/2020) pukul 11.53 WIB, massa aksi terlihat membentangkan spanduk bergambar Habib Rizieq di jembatan penyeberangan orang (JPO). Spanduk itu bertulisan '1 Komando Imam Besar Al Habib Muhammad Rizieq Syihab Tangerang'.

Dalam spanduk itu terlihat tulisan dari Pasukan Smith dan logo Front Pembela Islam (FPI). Massa yang memasang spanduk itu terlihat masih berusia remaja.

Spanduk Habib Rizieq itu kurang-lebih membentang ke bawah sepanjang sekitar 7 meter. Tidak berapa lama, spanduk Habib Rizieq lain terpasang di sebelahnya.


Kondisi JPO sebelah timur pintu gerbang Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto terlihat ramai hilir mudik massa aksi. Beberapa tampak tidak menggunakan masker dan berjejer tanpa mengindahkan jaga jarak.

Terpantau kondisi lalu lintas dari arah Semanggi menuju Slipi macet. Kendaraan bermotor dan mobil terpaksa melaju dengan kecepatan lambat.

Sebelumnya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan sejumlah ormas Islam akan menggelar aksi di depan gedung DPR RI siang ini menuntut RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) ditarik dari Prolegnas. PA 212 berharap perwakilan massa aksi bisa berdialog dengan pimpinan DPR.

"Semoga perwakilan bisa diterima pimpinan DPR," ujar Ketua PA 212 Slamet Ma'arif kepada wartawan, Rabu (24/6).

RUU HIP ini saat ini dalam status ditunda pembahasannya setelah pemerintah tidak mengirimkan surat untuk melakukan pembahasan bersama DPR.

Sumber: detikcom
Editor: Ari