Buang Limbah di Saluran Drainase Kota, Jambi Prima Mall Disidak DPDRD

Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu mal terbesar di Kota Jambi yakni Jambi Prima Mall di Jalan Jend. Sudirman No.90, Talang Jauh, Kec. Jelutung, Kota Jambi, Jum'at 24 September 2021.

Buang Limbah di Saluran Drainase Kota, Jambi Prima Mall Disidak DPDRD
Sidak yang Dilakukan Komisi III DPRD Kota Jambi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu mal terbesar di Kota Jambi yakni Jambi Prima Mall di Jalan Jend. Sudirman No.90, Talang Jauh, Kec. Jelutung, Kota Jambi, Jum'at 24 September 2021.

Sidak yang dilakukan ini lantaran adanya pengaduan masyarakat bahwa saat hujan, pihak mall seakan-akan membuang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Drainase Kota. Menindaklanjuti pengaduan itu, Komisi III DPRD langsung mengecek kebenaran hal tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Umar Faruq mengatakan bahwa pihaknya telah memanggil penanggung jawab IPAL yang ada di Mall tersebut. 

“Hasil dari pengolahan limbah yang terdapat 4 IPAL di hasil akhirnya memang disalurkan ke saluran drainase yang saat ini sedang dibangun,” kata Umar Faruq. 

Pihaknya juga akan memanggil dinas terkait yakni DLH karena menurut pihak mall, dinas terkait setiap tanggal 8 mengadakan uji lap tentang IPAL. 

“Kita akan pertanyakan ke dinas terkait, apakah boleh pembuangan akhir itu melalui drainase kota,” ujarnya.

Mengenai pembuangan yang lain, kata Faruq sudah memenuhi standar, yang mana dari IPAL yang mengalami 4 proses yang dilalui dan dilihat memang jernih dan tidak mengandung bahan yang berbahaya.

Hal senada juga dikatakan Yasir, Anggota Komisi III DPRD Kota Jambi menjelaskan, pembuangan limbah di salah satu mal ini sudah cukup baik dan tidak ada unsur yang berbahaya. 

“Tadi kami juga cek keatas melihat semua telah berproses yang teratur, mulai dari penyaringan dan pembuangan akhir,” kata Yasir. 

Sementara itu, Andi Supervisor Jambi Prima Mal mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi III DPRD Kota Jambi yang langsung mengecek IPAL atas pengaduan masyarakat. 

“Dalam hal ini kita senang karena adanya keluhan dalam pengawasan dari DPRD Kota Jambi dan melihat langsung tanpa ada yang di tutupi,” ujarnya. 

Andi menambahkan, atas dugaan limbah yang di buang di drainase Kota, pihaknya mengetahui hal tersebut, menurutnya yang di sepanjang Jalan Sudirman, dari atas juga memiliki tempat usaha. 

“Yang jelas, berkat pengawasan yang melekat dari DLH Kota Jambi dan DPRD Kota Jambi akan berusaha menjaga ini semua karena ini demi kebaikan Kota Jambi bersama,” pungkasnya. 

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi