Bupati Masnah Buka Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD se-Kecamatan Kumpeh Ulu

Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro membuka secara resmi kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota BPD se-Kecamatan Kumpeh Ulu.

Bupati Masnah Buka Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD se-Kecamatan Kumpeh Ulu
Bupati Masnah Saat Menghadiri Kegiatan Pelatihan BPD (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro membuka secara resmi kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota BPD se-Kecamatan Kumpeh Ulu. 

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Jambi Minggu (14/2/21) malam. 

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan COVID-19. Para peserta memakai masker, serta menjaga jarak fisik minimal 1 meter. 

Kegiatan diawali dengan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) sekaligus Ketua Forum Kades Muarojambi Bustami. 

Dalam kesempatan tersebut, Bustami menyampaikan sumber dana, tekhnis pelaksanaan serta hal-hal lain yang dianggap perlu. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muarojambi Raden Najmi, Camat Kumpeh Ulu Sobri, Inspektur Muarojambi Budhi Hartono, Kasatpol PP Syaifullah S. Ag, para Kepala Desa dan anggota BPD se-Kecamatan Kumpeh Ulu.

Kepala Dinas PMD Raden Najmi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ibu Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro yang sudah menyempatkan diri hadir di tengah kesibukannya. Kata Najmi, khusus BPD dengan dikeluarkan Permendagri 110 Tahun 2016 dan PP No.11 Tahun  2019 tentang BPD menunjukan komitmen Bupati tentang BPD. 

"Pemilihan BPD sesuai Permendagri bisa dilaksanakan secara langsung dan atau perwakilan. Dengan dilakukannya pemilihan langsung tersebut, kedudukan BPD betul-betul setara dengan Kades," kata Najmi.

"Ini merupakan wujud komitmen Bupati terhadap BPD," timpal Najmi.

Dengan diadakannya pelatihan ini, Pemerintah berharap BPD bisa bertambah pengetahuannya seiring dengan beberapa regulasi dan aturan yang berlaku dan terbarukan.

"Nanti juga akan diisi materi oleh inspektorat sehingga nanti tidak lagi ada kesalahan dalam menjalankan tugas dan fungsinya," kata Najmi.

Najmi juga memaparkan tentang tugas dan fungsi BPD dalam menjalankan roda pemerintahan di desa. 

"Nanti akan diperjelas lagi tugas masing-masing sehingga tidak terjadi benturan antara Kades dan BPD," kata Najmi.

Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro dalam sambutannya berharap semua anggota BPD bisa kompak. Para anggota BPD diajak oleh Bupati untuk bersama-sama membangun Muarojambi agar lebih baik lagi ke depan. 

"Semoga dengan pelatihan ini," kapasitas anggota BPD kita bisa terus bertambah dan pengetahuan para anggota BPD tentang tugas dan fungsinya dalam menjalankan roda pemerintahan bisa lebih baik lagi. Seiring sejalan dengan Pemdes dalam membangun desa," kata Bupati. 

"Harapan saya BPD dan Kades kompak karena pembangunan desa tidak akan berjalan bagus dan optimal tanpa kekompakan. Insya Allah di Kumpeh Ulu ini kompak semua," kata Bupati.

Di akhir arahannya, Bupati meminta kepada para anggota BPD untuk mengikuti pelatihan dengan baik dan seksama, agar apa yang nantinya disampaikan bisa diaplikasikan dalam pemerintahan desa di desanya masing-masing. (adv)