Di Tengah Bahaya Corona, Ratusan Anggota SPI Lakukan Aksi di Kota Jambi

Ratusan petani anggota yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) melakukan aksi simpatik memperingati Hari Tani Nasional yang ke 60 di Jambi, Senin (28/9/2020).

Di Tengah Bahaya Corona, Ratusan Anggota SPI Lakukan Aksi di Kota Jambi
Aksi yang Digelar SPI di Kota Jambi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Ratusan petani anggota yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) melakukan aksi simpatik memperingati Hari Tani Nasional yang ke 60 di Jambi, Senin (28/9/2020).

Aksi diawali dengan melakukan longmarch jalanan Kota Jambi sambil berorasi, dari Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jambi menuju kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jambi.

Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Provinsi Jambi Sarwadi, yang ikut dalam aksi tersebut menyampaikan bahwa program reforma agraria yang wajib dilakukan pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan  tidak terlaksana dengan baik.

“Kita menuntut soal reforma agraria yang menjadi komitmen pemerintah,yang kedua konflik yang sudah diproses oleh kementrian jangan lagi ada penangkapan dan kriminalisasi pada petani oleh pihak kepolisian, yang terakhir pemerintah fokus pada reforma agraria untuk rakyat bukan untuk korporasi,” tegas Sarwadi.

Setelah melakukan orasi di Kantor Dinas Kehutan, dilanjutkan dengan pemberian dokumen konflik oleh petani agar bisa diselesaikan oleh kementrian.

Sarwadi menyayangkan ketidakhadiran Kepala Dinas dalam pemberian dokumen koflik petani, padahal petani menuntuk untuk memberikan langsung ke Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

“Pak Kadis nya ndak tau entah kemna tidak ada konfirmasi, padahal seminggu yang lalu sudah diberi tau,” tutup Sarwadi

Penulis: Fadzil Ilham
Editor: Rhizki Okfiandi