Disperindag: SPBU Terbukti Jual BBM Subsidi ke Industri Kita Lapor Pertamina

Disperindag: SPBU Terbukti Jual BBM Subsidi ke Industri Kita Lapor Pertamina
Salah satu SPBU di Kota Jambi (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Terkait kendaraan mengantri panjang di SPBU Kota Jambi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi angkat bicara. Menurut Komari, Kepala Disperindag Kota Jambi, sejauh ini pihaknya selalu melaksanakan pengawasan terhadap SPBU yang menjual solar kepada kendaraan industri maupun non industri.

Jika masih ada kendaraan industri yang menggunakan solar subsidi, maka yang patut disalahkan adalah pihak SPBU. 

“Kalau ini tentunya SBPU yang nakal. Kenapa mereka menerima konsumen yang seharusnya tidak boleh membeli solar subsidi. Sebab dalam peraturannya, truk atau kendaraan tertentu seperti batubara dan industri lainnya ada SPBU khusus. Tidak boleh membeli di SBPU umum. Kalau pun masih ada yang membeli di SPBU umum, maka pihak SPBU yang harus kita beri peringatan,” bebernya.

Dia juga memastikan, dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan tim untuk memantau dan mengecek di beberapa SPBU yang terduga menjual solar subsidi kepada kendaraan industri.

"Terutama beberapa SPBU yang terindikasi menjual solar subsidi," bebernya.

Komari juga menambahkan, jika terbukti ada SPBU yang menjual solar subsidi kepada kendaraan industri, maka pihaknya akan segera memberikan peringatan kepada pihak SBPU. 

“Jika terbukti, kita akan surati dan akan diberi peringatan terlebih dahulu. Selanjutnya akan kita koordinasikan kepada pihak Pertamina untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya. (RED)

Reporter : Dewi Anita