Gubernur Jambi Instruksi Pekan Vaksinasi Lansia, Sekcam Pasar: Target Kami Minimal 10 Persen

Besok pagi, Selasa (8/6) dan Rabu (9/6) merupakan Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi Lansia se-Provinsi Jambi. Hal ini berdasarkan surat instruksi Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni instruksikan kepada Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi, melalui Instruksi Gubernur Nomor : 5/INGUB/DINKES/2021.

Gubernur Jambi Instruksi Pekan Vaksinasi Lansia, Sekcam Pasar: Target Kami Minimal 10 Persen
Rapat Persiapan pekan vaksinasi lansia di Kecamatan Pasar Muarabungo. (Ari/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Besok pagi, Selasa (8/6) dan Rabu (9/6) merupakan Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi Lansia se-Provinsi Jambi. Hal ini berdasarkan surat instruksi Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni instruksikan kepada Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi, melalui Instruksi Gubernur Nomor : 5/INGUB/DINKES/2021.

Menindaklanjuti radiogram dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Gerakan pekan ini dilakukan dalam rangka lanjut hari Usia Nasional ke-25 tanggal 29 Mei 2021 dan mengingat masih rendahnya capaian vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Provinsi Jambi. 

"Sehingga perlu diadakan Pekan Vaksinasi secara serentak. Kita juga menginstruksikan kepada Camat, Lurah, Kades, RT mengajak warga lansia untuk ikut vaksinasi," tulis Pj Gubernur dalam Instruksi pada 4 Juni itu. 

Target dari pekan serentak vaksinasi lansia ini menyasar seluruh warga yang sudah lanjut usia minimal bertambah 10 persen setiap kabupaten. Memberikan apresiasi kepada Camat Lurah Kades RT yang sukses cakupan lansia yang tinggi. 

Sementara itu, Sekretaris Camat Pasar Muarabungo Sulaiman AS mengatakan baru saja mengikuti rapat bersama lurah, RT dan perangkat termasuk Puskesmas dalam persiapan gerakan pekan serempak vaksinasi lansia se-Provinsi Jambi di kantor Camat.

"Insya Allah persiapan kita sudah dilakukan, petugas vaksin dan sesuai perintah ibu Pj Gubernur Jambi gerakan ini berjalan," ungkapnya, Senin (7/6).

Dijelaskan Sulaiman, jumlah lansia di Kecamatan Pasar Muarabungo ada 1.400 orang. Sedangkan mereka yang datang sendiri rerata usia 58-59 tahun untuk vaksinasi di Puskesmas Pasar ada 150 orang. Sementara sesuai target dari Gubernur Jambi 10 persen setiap Kabupaten. 

"Maka kami pun untuk rerata minimal 10 persen di wilayah kecamatan pasar. Artinya target minimal 140 orang lansia yang harus divaksinasi. Tentunya ada yang jemput bola ke rumah, juga sudah disosialisasikan ke masyarakat terutama lansia," terangnya.

Untuk diketahui jumlah masyarakat Jambi terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (7/6) penambahan 176 orang. Terbanyak kali ini dari Kabupaten Merangin 43 orang, dilanjutkan Muarojambi 30 orang, Tanjabbar 24 orang, Bungo 19 orang, Batanghari 9 orang dan Sarolangun 1 orang. 

Sedangkan pasien sembuh bertambah 60 orang, terbanyak dari Tanjabbar 30 orang dan Merangin 29 orang. Kemudian pasien meninggal tercatat bertambah 2 orang dari Batanghari, sehingga menjadi 196 orang. (Ari