Hari Terakhir Operasi Zebra, 219 Pengendara Ditilang Lima Motor Ditahan

Hari Terakhir Operasi Zebra, 219 Pengendara Ditilang Lima Motor Ditahan
Tampak Ratusan Pengendara Motor Yang Ditindak Satlantas Polres Muaro Jambi (Raden Romi/ BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUARO JAMBI - Operasi Zebra Satlantas Polres Muaro Jambi di hari terakhir dilakukan di wilayah Mendalo Kecamatan Jaluko Muarojambi. Operasi hari terakhir ini dilakukan sebanyak tiga kali di lokasi yang sama.

KBO Lantas Polres Muarojambi, Ipda Sazely mengatakan, razia terakhir ini sebanyak 219 kendaraan bermotor yang ditilang.

"Untuk STNK sebanyak 194 kita tilang, dan SIM sebanyak 21 lembar," kata Ipda Sazely Selasa (5/11/19).

Selain itu, juga ada lima unit sepeda motor yang disita. Ini lantaran pengendara tidak bisa menunjukkan surat kendaraan. Dikatakan Sazely, setelah adanya operasi zebra, tingkat kesadaran pengendara jadi meningkat. Pengendara sudah melengkapi alat keselamatan berkendara seperti memakai helm.

"Para pengendara motor sudah banyak yang pakai helm sekarang di wilayah Muarojambi. Meskipun masih adaa juga yang bandel dan tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraannya. Ada lima sepeda motor yang kita angkut karena pemilik tidak bisa menunjukkan surat-suratnya," paparnya.

Sementata Kasat Lantas Muaro Jambi Iptu Yurike Purwanti menyebut kalau pelanggar masih didominasi oleh pengendara roda dua. Dia bilang, operasi zebra kali ini sedikit berbeda dibanding operasi zebra sebelumnya.

Pasalnya? Satlantas menggelar sidang tilang di tempat. Ini dilakukan agar mempermudah masyarakat untuk mengambil surat-suratnya yang telah ditilang.

"Apalagi masyarakat yang tidak mempunyai atm Bank BRI," kata Iptu Yurike.

Dikatakan Yurike, sidang tilang di tempat ini bekerja sama dengan pihak Kejaksaan Negeri Muarojambi dan pihak Bank BRI. Setelah ditilang, pengendara bisa langsung menyetor dendanya dan mengambil suratnya kepada pihak Kejaksaan dengan menunjukan penyetorannya.

"Kita kerjasama dengan pihak BRI dan juga Kejaksaan Negeri Muarojambi," cetusnya.

Pantauan di lokasi beberapa pengendara didapati menghindari operasi zebra. Ragam ulah mereka lakukan, seperti memutar balik kendaraan hingga berpura-pura masuk ke pusat perbelanjaan di sepanjang jalan di Mendalo.

Bahkan, arus lalu lintas di depan Kampus Unja Mendalo pun tampak padat oleh banyaknya pemotor yang ketakutan untuk melalui jalan yang sedang ada razia.

Redaktur: Rhizki Okfiandi

Reporter : Raden Romi