Jalan Poros Sungaiduren-Pematangjering Rusak Berat, Ini Kata Dinas PU

Jalan Poros Sungaiduren-Pematangjering Rusak Berat, Ini Kata Dinas PU
Kabid Bina Marga Dinas PUPR Muaro Jambi, Muhammad Taufik Hidayat. (Romi/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Jalan poros di Kecamatan Jaluko yang menghubungkan Desa Simpang Sungaiduren dan Pematangjering mengalami kerusakan cukup parah. 

Jalan ini merupakan jalan sentra peternakan ikan dengan sistim jaring apung dan juga akses transportasi satu-satunya warga setempat. Kerusakan jalan ini ternyata sudah diatensi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Muarojambi. 

"Kita tahu dan sudah ke sana. Tetap akan diperbaiki, cuman tidak bisa sekaligus. Kita akan perbaiki secara bertahap," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Muaro Jambi, Muhammad Taufik Hidayat, kepada BRITO.ID, Rabu (9/10).

Taufik mengatakan, jalan poros yang rusak di lokasi ini cukup panjang. Kerusakan itu terjadi mulai dari Desa Simpang Sungaiduren hingga Desa Pematang Jering. Kemudian berlanjut lagi dari Desa Pematang Jering, Kecamatan Jaluko menuju Desa Rantaumajo dan Karunggung, Kecamatan Sekernan. Namun, Dinas PUPR tidak dapat berbuat banyak untuk memperbaiki kondisi jalan penghubung tersebut lantaran anggaran yang tersedia cukup terbatas. 

"Jadi jalan poros yang rusak ini cukup panjang, lintas kecamatan pula," ujarnya. 

Dinas PUPR, kata Taufik, cukup rutin memperjuangkan untuk perbaikan jalan poros tersebut. Buktinya, tahun ini jalan poros itu akan dilakukan perbaikan walau panjangnya hanya 1,2 Kilometer. 

"Tahun ini jalan itu akan diperbaiki, lokasinya di Desa Pematangjering. Panjangnya sekitar 1,2 kilometer. Jalan ini kita perbaiki karena kondisinya yang paling parah," ujarnya. 

Perbaikan jalan poros ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun. Namun, tidak secara sekaligus. Melainkan secara bertahap. "Jalannya cukup panjang, untuk memperbaiki sekaligus akan memakan anggaran yang cukup besar. Makanya akan kita bangun secara bertahap," kata Taufik. (RED)

Kontributor : Romi